Home >  Berita >  Peristiwa

Evakuasi Korban Banjir Padang, BPBD Sumbar Turunkan Perahu Karet ke Sejumlah Titik Malam Ini

Evakuasi Korban Banjir Padang, BPBD Sumbar Turunkan Perahu Karet ke Sejumlah Titik Malam Ini
Sebuah mobil menerobos banjir di salah satu ruas jalan di Kota Padang.
Kamis, 16 Juni 2016 22:31 WIB
Penulis: Calva

PADANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, sudah menurunkan tim penyelamat gabungan menggunakan parahu karet untuk mengevakuasi korban banjir di sejumlah titik di Kota Padang. 

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Zulfiatno, Kamis malam (16/6/2016), pihaknya bersama Basarnas (Badan SAR Nasional) sudah menurunkan tim dengan perahu karet menyisir daerah yang kini sudah terendam banjir. Daerah yang sudah terpantau terendam banjir akibat hujan lebat di Kota Padang, yakni, kawasan Lubuk Buaya, Jondul, Ampalu, Pengambiran, Banda Gadang, Seberang Padang, Arai Pinang, Lolong, Pampangan, Tunggul Hitam, Bungo Pasang, Rawang Tunggul Hitam, Maransi dan kawasan Aie Pacah.

Tak hanya itu, hujan yang tak kunjung reda mengguyur Kota Padang, membuat beberapa kawasan sudah mati lampu, seperti kawasan Kuranji, Tunggul Hita, Bungo Pasang.

Sementara kawasan Batang Arau di Seberang Padang Selatan, sungai sudah meluap dan warga sudah bersiap-siap mengungsi. Seberang Padang, juga membutuhkan perahu karet untuk mengungsikan warga.

Ads
Informsi yang dikumpulkan GoSumbar.com, Personil Polda Sumbar, dari kesatuan Dalmas dan Brimob dan SAR Polair, dan Polresta Padang juga sudah bergerak bersama aparat TNI dan tim penyelamat dari BPBD Kota Padang ke lokasi yang terkena hantaman banjir di Kota Padang.

Bahkan, kata Zulfiatno, BPBD Kota Bukittinggi, juga sedang persiapan untuk turun ke Padang membantu evakuasi korban banjir.

Sebagaimana diberitakan, banjir yang melanda Kota Padang terjadi akibat turunnya hujan lebat sejak pukul 16.00 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Ketaping (BMKG) Ketaping, Padang Pariaman telah mengeluarkan peringatan dini cuaca terjadinya hujan lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah di Sumbar berpotensi terjadi hingga tengah malam Kamis (16/6/2016) sampai pukul 23.30 WIB.

Prakirawan BMKG Ketaping Budi Samiadji menyebutkan, wilayah Padang, Padangpariaman, Pariaman, Agam, Pesisir Selatan dan sekitarnya, hujan deras akan berpotensi terus turun. Dan potensi yang sama juga bisa meluas terjadi di Kabupaten Pasaman, Solok dan daerah sekitarnya.

Dan hingga berita ini diturunkan, hujan masih mengguyur Kota Padang dan belum ada tanda-tanda akan reda. (***)

Kategori : Peristiwa, Gonews Group
www www