MEDAN - Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin M MSi bersama Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Medan, Kamis (16/6/2016).

Sidak dilakukan untuk memastikan bahwa makanan dan minuman yang dijual benar-benar layak konsumsi dan tidak melewati masa expired (kadaluarsa). Di samping itu harus memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta kemasannya dalam kondisi yang baik.

Turut serta dalam Sidak, Asisten Pemerintahan Musadad Nasution, Plt Kadis Perindustrian dan Perdagangan Qamarul Fatah, Kadis Kesehatan Usma Polita, Kadis Perikanan dan Kelautan Akhyar, Kasatpol PP M Sofian, Kadis Kominfo Darusalam Pohan, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Emilia Lubis.

Tiga pusat perbelanjaan yang disidak yakni Lotte Mart Centre Point Jalan Jawa, Transmart Carrefour di Medan Fair Plaza Jalan Gatot Subroto dan Smarco Superstore di Ring Road City Walk Jalan Ring Road Medan. Satu unit mobil laboratorium milik Dinas Kesehatan Kota Medan diturunkan untuk mendukung kelancaran sidak.

Setibanya di Lotte Mart, Eldin langsung memerintahkan pihak manajemen untuk membuka kemasan parcel yang sudah siap jual. Satu persatu makanan dan minuman yang ada di dalamnya diperiksa untuk melihat mutu dan kualitasnya, termasuk tanggal expired serta kondisi kemasan. Sebab bilang Eldin, makanan dan minuman yang kadaluarsa dan kemasannya rusak tidak dibenarkan dijual dan dikonsumsi.

Selain parcel, Eldin beserta rombongan juga memeriksa makanan dan minuman yang dipajangkan di etalase. Kemudian dilanjutkan dengan mengecek sayuran, ikan, daging serta daging maupun sosis.

Dari pengecekan yang dilakukan, Kepala Badan ketahanan Pangan Emilia Lubis sempat mendapati nugget kemasan yang tidak dicantumkan masa expired. Di kemasan hanya tercantum tanggal produksi, sehingga Emilia minta salah seorang pelayan untuk memasukkan beberapa potong nugget dalam plastik untuk diperiksa guna memastikan higienis dan layak konsumsi.

Kemudian Eldin beserta rombongan melanjutkan peninjauan ke Transmart Carrefour. Kembali mantan Wakil Walikota dan Sekda kota Medan itu memeriksa parcel, termasuk kemasan yang paling murah. Hasilnya makanan dan minuman dalam parcel tersebut layak konsumsi, begitu juga ketika makanan dan minuman lainnya yang diperiksa.

Di Smarco Super Store di Riang Road City Walk, Walikota menemukan ada sayuran kaleng, Pease Carrots yang masa expired tinggal sebulan lagi (21-7-2016), kaleng kemasannya juga kelihatan sudah usang. Selain sayuran kaleng, juga ditemukan roti kacang Rajawali yang expired tinggal seminggu lagi. Atas temuan tersebut, Eldin minta kepada pemilik Smarco segera menarik barang-barang tersebut.

“Kita minta kepada pemilik Smarco Super Store segera menarik barang-barang tersebut. Seminggu lagi kita akan turun untuk mengeceknya kembali. Apabila masih ditemukan dipajang kembali, kita akan evaluasi berkoordinasi dengan Balai POM. Sebab, yang kita temukan ini bukan produk kadaluarsa tetapi hampir kadaluarsa. Sanksinya bisa penarikan, setelah proses diteruskan dengan proses selanjutnya,” kata Walikota.

Selanjutnya mengenai makanan dan minum yang dijual di swalayan maupun supermarket kecil, Eldin menegaskan tetap melakukan pemantauan dengan menurunkan tim yang dikoordinir Disperindag Kota Medan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah masyarakat jangan sampai membeli produk yang kadaluarsa dan tak layak konsumsi. ***