BALIGE - Wakil Bupati Ir. Hulman Sitorus bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional Daerah (BNPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyerahkan bantuan kepada 14 kepala keluarga (KK) korban kebakaran di Tanjung Pasir Desa Lumban Manurung Kecamatan Parmaksian, Sabtu (11/6/2016).

Bantuan BNPB yang diserahkan melalui BNPBD Tobasa berupa sandang sebanyak 11 paket, selimut 11 paket, tikar 15 lembar, famili kid 11 paket, kid ware 11 paket, lauk pauk siap saji 11 paket.

Dari Dinas Sosial berupa beras 30 Kg untuk 14 KK, telur, mie instan, gula pasir, bubuk teh, kopi, minyak goreng, seng 12 lembar/KK, paku seng, dan paku biasa.

Sedangkan bantuan dari Kemensos di berikan berupa Famili Kid 11 paket, peralatan dapur, peralatan makan, sembako, sandang/ppakaian selimut, matras, tenda, panci, kit nasi, teko sodet, rantang dan peralatan lainnya. Jenis bantuan lain yang kurang akan diberikan kemudian.

Bantuan diberikan kepada 14 KK korban kebakaran dengan jumlah rumah yang terbakar 13 unit dimana 11 rumah hangus rata dengan tanah.

Bantuan diberikan langsung kepada para korban oleh Wakil Bupati Tobasa Ir. Hulman Sitorus bersama Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian didampingi Kaban BNPBD Tobasa Espon Simanjuntak, Kakan Kesbangpol Linmas Budianto Tambunan, Kapolsek Porsea AKP RS Nababan, dan Camat Parmaksian Janji Situngkir.

Para korban menerima bantuan didampingi Kepala Desa Lumban Manurung jmHasoloan Sitorus disaksikan Anggota DPRD Fauzi Sirait dari PDIP Dapil 3.

Tidak ketinggalan salah seorang pengusaha pemilik Toko Perabot dan Elektronik DISON yang beralamat di Porsea kota memberikan bantuan kepada para korban berupa uang tunai untuk membeli 1 sak semen kepada 14 KK korban kebakaran.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati berpesan agar para keluarga korban kebakaran jangan larut dalam duka yang mendalam akibat kejadian ini.

“Tetaplah tegar, karena di balik semua ini Tuhan pasti punya rencana yang baik bagi kita semua khususnya bagi para korban kebakaran dan keluarga,” kata Hulman.

Menyikapi musibah, Pemkab Tobasa akan berusaha semaksimal mungkin memberikan bantuan untuk meringankan beban. “Pemerintah Kabupaten Tobasa akan berusaha semaksimalnya untuk membantu,” pesan Wakil Bupati.

Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian juga menyatakan, jajarannya akan membantu dalam hal segala pengurusan surat-surat penting yang terbakar.

“Polres Tobasa setiap saat siap membantu untuk segala urusan surat-surat yang dibutuhkan para korban kebakaran sekaitan dengan kepentingan masing-masing korban,” jelas Kapolres.

Sementara Anggota DPRD dari PDIP Dapil 3 Fauzi Sirait mengharapkan agar pemerintah tetap memperhatikan kebutuhan para korban. “Termasuk perhatian dari perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Tobasa supaya sepenuh hati ikut memberikan bantuan kepada para korban kebakaran,” harapnya.

Direksi PT Toba Pulp Lestari Tbk Juanda Panjaitan yang hadir di lokasi juga menyatakan membantu Rp.50 juta. Bantuan akan diberikan dalam bentuk barang. “Jadi nantinya apa yang belum ada, itulah yang akan diadakan,” jelasnya. ***