Bupati Nias Kedepankan Percepatan Pembangunan

Bupati Nias Kedepankan Percepatan Pembangunan
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyematkan pangkat jabatan kepada Bupati Nias Sokhiatulo Laoly dan Wakil Bupati Nias Aroshoki Waruwu dalam prosesi pelantikan sekaligus pengambilan sumpah dan janji jabatan berlangsung di Ruang Martabe lantai 2 Kantor Gu
Jum'at, 10 Juni 2016 22:05 WIB
Penulis: James Aries
MEDAN - Gubsu H T Erry Nuradi secara resmi telah melantik Bupati dan Wakil Bupati Nias di Aula Martabe Kantor Gubsu Jalan Dipenogoro Medan, Jumat (10/6).

Kabupaten Nias sebagai daerah induk pemekaran di kawasan Kepulauan Nias, diharapkan dapat menjadi motor penggerak sekaligus contoh teladan bagi 4 kabupaten pemekaran lainnya. Pemkab Nias juga diharapkan mampu merangkul kabupaten sekitar dalam mendorong laju pembangunan di Kepulauan Nias.

“Bupati dan Wakil Bupati Nias sebelumnya telah memiliki pengalaman dalam memimpin pemerintahan. Untuk itu, saya berharap Bupati dan Wakil Bupati dapat membangun kerjasama kolektivitas dengan Pemerintah Kabupaten di Kepualauan Nias. Dengan begitu, saya yakin, percepatan pembangunan di Kepulauan Nias akan tercapai,” kata Erry Nuradi.

Tidak lupa Erry berpesan, Pemkab Nias segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) paling lama dalam tiga bulan setelah pelantikan, sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“RPJMD Kabupaten Nias nantinya harus menjabarkan visi misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Pendek Daerah dan juga memperhatikan RPJM Provinsi dan Nasional. Saya berharap ini menjadi perhatian dan prioritas dalam pelaksanannya,” tegas Erry.

Ads
Bupati Nias terpilih Sokhiatulo Laoly mengatakan, pihaknya akan mengedepankan percepatan pembangunan, termasuk mendorong ketersediaan pasokan listrik di Kepulaua Nias. Selain itu, penyiapan sarana jalan penghubung antara kabupaten di Kepulauan Nias, sebagai salah satu upaya mendorong tingkat kunjungan wisatawan ke Kepaulauan Nias. “Begitu juga dengan pengembangan potensi perkebunan, perikanan dan potensi lain,” sebut Sokhiatulo.

Pelantikan pasangan Sokhiatulo Laoly dan Aroshoki Waruwu merupakan pelantikan KDh periode ketiga, setelah pelantikan pertama yang berlangsung di Lapangan Merdeka Medan pada 17 Februari 2016 dan pelantikan kedua di Kantor Kementrian Dalam Negeri di Jakarta.

Setelah Bupati dan Wakil Bupati Nias dilantik, tercatat 21 pasang Kepala Daerah (KDh) dan wakilnya yang telah dilantik hasil Pilkada serentak di 23 daerah di Sumut pada 9 Desember lalu. Sementara pasangan yang belum dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) karena menunggu berakhir periode jabatan pada 28 Juni mendatang. ***
Editor : Zul Anwar Ali Marbun
Kategori : Sumatera Utara, Medan, Nias, Gonews Group, Pemerintahan, Umum
www www