Tim Aksi Kebersihan Danau Toba Hari Ini Berada di Bakkara

Kamis, 09 Juni 2016 12:10 WIB
Penulis: Zul Anwar Ali Marbun
tim-aksi-kebersihan-danau-toba-hari-ini-berada-di-bakkara Aksi bersih Danau Toba yang dilakukan RKG, PWI Sumut dan PWI Kabupaten Simalungun di tepian danau. (foto: antarasumut)
MEDAN - Aksi gotong royong kebersihan Danau Toba kerjasama Radio Kordopa Group (RKG) dengan PWI Provinsi Sumatera Utara, hari kedua, Kamis (9/6/2016) digelar di Bakkara Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pimpinan RKG Tiorida Simanjuntak dari Bakkara melalui sambungan telepon mengatakan, pihaknya bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih Danau Toba di tepian sekitar Bakkara diikuti unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan.

Sementara di hari pertama, Rabu (8/6/2016) kemarin, pihaknya melakukan aksi bersih di pasar tradisional dan dermaga Tiga Raja, Parapat, Kabupaten Simalungun.

Aksi gotong royong kebersihan yang melibatkan unsur pemerintahan setempat dan anggota PWI Simalungun di seputaran pinggiran perairan Danau Toba untuk mendukung program nasional dalam mengembangkan pariwisata Danau Toba sebagai destinasi unggulan.

"Kita harapkan aksi Bersih Danau Toba menjadi program tujuh pemerintah kabupaten di sekeliling Danau Toba," kata Tiorida Simanjuntak.

Ads
Tiorida menilai, kebersihan yang terjaga baik di kawasan wisata akan membuat pengunjung betah, sehingga berdampak pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Untuk itu, pemerintah harus dapat meyakinkan kondisi tersebut kepada masyarakat dan pelaku pariwisata, seperti perhotelan, restoran, pedagang souvenir, dan berbagai stakeholder lainnya.

Tiorida optimis, kegiatan kecil atau sederhana yang dilakukan secara berkesinambungan, akan memberikan hasil yang bermanfaat.

Ketua PWI Sumut diwakili Sekretaris PWI Kabupaten Simalungun Waristo menyampaikan apresiasi atas kepedulian RKG melaksanakan gotong royong di kawasan Danau Toba dan diharapkan diikuti oleh lembaga atau organisasi lain.

Waristo mengajak pemerintah dan elemen masyarakat mengambil peran masing-masing dalam mengindahkan keelokan Danau Toba yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bupati Simalungun diwakili Donald Nainggolan dari Dinas Kominfo mengharapkan kerjasama dan peran positif elemen masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan kawasan Danau Toba lebih baik lagi. "Kiranya kegiatan Bersih Danau Toba ini menjadi motivasi bagi masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan dan keindahan Danau Toba," kata Donald. ***
www www