MEDAN - Di hari kedua bulan Ramadhan, tim gabungan kembali melanjutkan penertiban di Jalan Ring Road, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Selasa (7/6/2016) pagi.

Dalam penertiban yang kedua ini, tim gabungan berhasil menilang puluhan sepeda motor para pelaku asmara subuh, termasuk pengendara yang tidak mengenakan helm. Bahkan, belasan sepeda motor terpaksa diangkut karena tidak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Penertiban berjalan lancar. Tak satu pun dari pengendara sepeda motor yang melakukan perlawanan saat dihentikan tim gabungan yang terdiri dari unsur Polresta Medan, Marinir, Denpom I/5 Medan, TNI AU, Dinas Perhubungan, Satpol Kota Medan, jajaran Polsekta Medan Sunggal serta seluruh unsur Kecamatan Medan Sunggal.

Satu persatu pengendara sepeda motor yang menyalah diamankan, terutama yang tidak mengenakan helm dan bonceng tiga. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata pengendara sepeda motor ada yang tidak memiliki SIM dan STNK. Bagi yang tidak pakai helm, bonceng tiga dan tidak memiliki SIM, tim gabungan melalui petugas Satlantas Polresta Medan langsung menjatuhkan tilang.

Sedangkan bagi pengendara yang tidak memiliki STNK, selain ditilang, sepeda motornya juga diangkut. Ada dua truk, termasuk truk milik Dinas Kebersihan yang digunakan untuk mengangkut sepeda motor yang tanpa dilengkapi STNK tersebut. Sepeda motor itu bisa diambil kembali apabila sang pengendara bisa menujukkan STNK, sedangkan proses tilang tetap berlanjut.

Sebelum penertiban dilakukan, seperti biasa lebih dulu digelar apel di areal eks SPBU dipimpin Kapolsekta Medan Sunggal, Kompol Daniel. Dalam apel itu, Daniel mengungkapkan tim gabungan dibagi menjadi empat tim untuk melakukan penertiban di Jalan Ring Roand, Jalan Amal, Jalan Ngumban Surbakti dan Kanal Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor.

“Saya minta seluruh petugas untuk melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. Sebab, tujuan penertiban yang kita lakukan ini guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” ungkap Daniel. ***