Home >  Berita >  Peristiwa

Posisi Hilal Sudah Cukup Tinggi, Cecep Nurwendaya: Nanti Malam Seluruh Indonesia Sudah Dipastikan Hilal

Posisi Hilal Sudah Cukup Tinggi, Cecep Nurwendaya: Nanti Malam Seluruh Indonesia Sudah Dipastikan Hilal
Para petugas astronomi saat bertugas. (istimewa)
Minggu, 05 Juni 2016 18:42 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA- Ahli Astronomi Cecep Nurwendaya menyatakan bahwa sejak pukul 10.00 WIB hari ini Minggu (05/06/2016) seluruh wilayah Indonesia sudah ada penampakan hilal dan sudah cukup tinggi. Iapun berpendapat, nanti malam dipastikan hilal sudah muncul di tanah air.

Hal tersebut Cecep ungkapkan saat sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadan 1437 H di Kantor Kementerian Agama Thamrin Jakarta.

Cecep yang merupakan wakil dari peneliti dan ahli astronomi dari Planetarium menjelaskan, sampai pukul 17.30 WIB Indonesia sudah mengalami Ijtimak.

"Wilayah Indonesia ketinggiannya cukup maksimal. Pengamatan sejauh ini sudah cukup tinggi, sudah tidak bisa diragukan lagi, nanti malam hilal pasti muncul" kata Cecep di lokasi sidang isbat di Kantor Kementerian Agama.

Ads
Sementara itu Menteri Agama Lukmas Hakim Saefuddin dijadwalkan membacakan hasil sidang dan pengumuman 1 Ramadan 2016 usai ibadah salat Maghrib. 

Pada sidang isbat kali ini juga dihadiri, Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma'rifat Iman, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat. Sementara itu dari Nahdatul Ulama (NU) diwakili oleh beberapa pengurus antara lain Zaki Mubarak, Zulfan Sofwa, dan Rozali Masruli.

Menteri Agama Lukman Hakim sendiri sudah menjelaskan, jika kata mufakat soal penampakan hilal hari ini, maka dipastikan besok umat muslim Indonesia sudah menjalankan ibadah puasa. ***
Kategori : Peristiwa, Pemerintahan
www www