Home >  Berita >  Peristiwa

1 Ramadan 1437 H/2016 Besok Senin, Menteri Agama: Malam Ini Kita Salat Tarawih

1 Ramadan 1437 H/2016 Besok Senin, Menteri Agama: Malam Ini Kita Salat Tarawih
Menteri Agama, Lukman Hakim. (istimewa)
Minggu, 05 Juni 2016 19:16 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA- Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin mengumumkan hasil sidang Isbat 2016 tentang penentuan 1 Ramadan 1437 H, Minggu (05/06/2016) malam, di Kemeterian Agama Jalan Thamrin Jakarta.

Dalam pengumumanya, Menteri Agama menyatakan, bahwa 1 Ramadan tahun ini jatuh pada hari Senin (06/06/2016).

"Dari 33 Provinsi dan beberapa pemaparan dari ahli astronomi serta para ulama sepakat besok kita puasa Ramadan, otomatis malam ini kita salat Tarawih," jelas Lukman Hakim, usai sidang.

Masih menurutnya, keputusan pemerintah ini sudah dimufakati bersama dengan berbagai ormas dan ulama seperti dari Hisbut Tahrir Indonesia, Nahdhotul Ulama, Muhammadiyah dan perwakilan dari berbagai daerah.

Ads
"Dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati tahun 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016," katanya.

Keputusan ini diambil setelah ahli dari Planetarium Jakarta memaparkan posisi hilal. Menurut Lukman, ada laporan dari 93 petugas dari 93 titik di Tanah Air.

Sidang isbat digelar secara tertutup dan dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat KH Ma'ruf Amin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma'rifat Iman, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat. Sementara itu dari Nahdatul Ulama (NU) diwakili oleh beberapa pengurus antara lain Zaki Mubarak, Zulfan Sofwa, dan Rozali Masruli. ***
Kategori : Peristiwa, Pemerintahan
www www