JAKARTA- Alumni Pencita Alam SMA Negeri 3 Jakarta yang tergabung dalam "Shabawana Memotret" melakukan gebrakan dalam upaya mempromosikan keindahan alam Indonesia. Mereka menggelar Pameran Foto Traveling Photography Wonderful Indonesia di Rumah Kaca Taman Menteng Jakarta Pusat, 4-5 Juni 2016.

Sebanyak 55 foto terbaik yang menampilkan keindahan alam dan hewan dari hasil seleksi ratusan karya alumni SMA Negeri 3 Jakarta dipajang disana.

"Kita tidak sembarangan memajang foto-foto yang dipamerkan. Foto-foto itu yang terbaik telah diseleksi Tim kurasi profesional tentang alam bebas yakni Riza Marlon dan Tirto Andayanto yang juga dosen Institut Kesenian Jakarta (IKJ)," kata Ketua Panitia Pelaksana Pameran, Wiyanto Soehardjo di Jakarta, Sabtu (4/6/2016).

Menurut Wiyanto yang juga mantan wartawan ini, pameran yang pertama ini bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia dan mengajak para generasi muda khususnya pelajar untuk mencintainya.

"Keindahan alam Indonesia itu jauh lebih bagus dari negara lain. Makanya, kami ingin membantu pemerintah dalam hal ini Kemenpar untuk mempromosikannya sekaligus mengajak generasi muda mencintai alam Indonesia," katanya.

Ke depan, kata Wiyanto, pameran ini akan bukan hanya melibatkan alumni SMA Negeri 3 tetapi akan terbuka untuk SMA se-Indonesia. "Ini merupakan gebrakan awal. Ke depan, kita akan menggelar pameran dengan menampung karya pelajar se-Indonesia," katanya.

Pada hari terakhir pameran yang digelar dari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 wib, panitia juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengunjung yang dilakukan KSR PMI Jakarta Selatan. (*/dnl)