MEDAN - Agar terhindar dari jeratan hukum, wartawan dalam menjalankan tugas profesinya harus senantiasa mempedomani, menaati dan menerapkan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Hal itu menjadi salah satu poin penting yang mengemuka dalam Pendidikan Pers “Etika Profesi Terkait Hukum” diselenggarakan Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PWI Sumut) bekerjasama dengan Asian Agri di aula lantai dua gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro No.4 Medan, Sabtu (4/6/2016).

Tampil sebagai narasumber pakar komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Iskandar Zulkarnaen MSi, Ketua DKP PWI Sumut H Sofyan Harahap S.sos, dan praktisi pers H War Djamil SH dipandu moderator Anggota DKP PWI Sumut Azrin Marydha.

Hadir saat itu Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE bersama sejumlah unsur pengurus, Bendahara Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut H Baharuddin, Humas Asian Agri Lidia Veronika, dan undangan lainnya.

Selain kewajiban penaatan terhadap KEJ, diskusi pendidikan pers yang diikuti kalangan wartawan itu juga menggarisbawahi tentang pentingnya wartawan menghormati aturan perundang-undangan serta norma-norma hukum dan adat istiadat yang berlaku di tengah masyarakat.

Hal-hal kecil juga perlu diperhatikan wartawan dalam bertugas di lapangan. Antara lain bersikap dewasa tidak kekanak-kanakan, berlapang dada dalam berkomunikasi, memanggil atau menyapa dengan baik, menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien.

Selain itu, wartawan dalam menjalankan tugas diharapkan senantiasa menjaga perilaku, tidak mudah emosi, bertingkah laku yang sopan, menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan, berinisiatif sebagai pembuka dialog, serta menggunakan bahasa yang baik, ramah dan sopan.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE mengapresiasi kegiatan pendidikan pers yang diinisiasi DKP PWI Sumut. “Dengan pendidikan etika pers ini diharapkan wartawan lebih memahami peran dan fungsinya yang sangat mulia sebagai penyampai informasi kepada publik,” kata Hermansjah.

Kegiatan pendidikan pers tersebut diselingi penyerahan piagam penghargaan kepada Asian Agri selaku sponshorship dan sertifikat kepada narasumber diserahkan Ketua PWI Sumut. ***