LHOKSEUMAWE – Sekitar pukul 10.15 WIB, Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan proyek nasional sebesar 1,4 triliun Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (2/5/2016) 

Tak sendirian saat menekan tombol peresmian proyek APBN tersebut, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Kemudian Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir, dan Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

Kata Jokowi, PLTMG ini akan menyuplai sebagian besar kebutuhan listrik di Aceh dan wilayah lain di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Besar energi dihasilkan sebanyak 184 megawatt.

 “Mau bangun usaha harus ada listrik, karena tanpa listrik investor enggan melakukan investasi, ke Aceh dan Lhokseumawe atau daerah lain,” ujar mantan karyawan PT Kertas Kraft Aceh ini.

Membangun pembangkit listrik dari tenaga gas merupakan alternatif, ketimbang memakai bahan baku dari batubara. Karena, selain mahal juga membutuhkan waktu panjang minimal lima tahun dengan batu bara.