SEI RAMPAH - Seratus hari kerja usia kepemimpinan Bupati Sergai H. Soekirman dan Wabup Darma Wijaya terus menggenjot upaya peningkatan pelayanan publik. Upaya ini dilakukan lewat penggunaan informasi teknologi (IT) yang berbasis internet. Pelayanan Publik berbasis internet kini telah diterapkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk urusan akte kelahiran langsung saat bayi baru lahir bebas biaya, atau disingkat PAK BEBI.

Lalu Dinas Pendidikan melakukan lewat PERSIBARU, dimana warga bisa membuka akses secara online untuk mendaftar saat penerimaan siswa baru. Ada juga SID atau Sistem Informasi Desa, dan SP2D  singkatan Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (PPKA).

Pemkab Serdang Bedagai juga membuat laporan pelayanan online disingkat LAPOR. LAPOR ini  ditempatkan persis di Kantor Humas.

“Kita cukup berbangga, persis di 1 Juni yang merupakan hari lahir Pancasila ini Pemkab Sergai melaunching program pelayanan publik berbasis IT ini,” kata Bupati Soekirman didampingi Wakil Bupati Darma Wijaya, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Perkantoran Bupati, di Sei Rampah, Rabu (1/6/2016).

Diharapkan Bupati, inovasi ini menjadi langkah besar Pemkab Sergai untuk meningkatkan tugas dan fungsi aparatur sipil negara (ASN) atas penyelenggaraan pemerintahan sehingga dengan internet  semuanya bisa terhubung hanya dengan jari-jari ini. Tentunya akan lebih memudahkan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, kata Bupati.

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden RI Mas M Gibran Sesunan mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Serdang Bedagai. IT ini harus digunakan untuk memudahkan kerja, bukan menjadi beban. Memang sudah saatnya kita untuk memanfaatkan IT ini,” katanya.

Sementara Kabag Humas Setdakab Indah Dwi Kumala menerangkan, bahwa Informasi pengaduan masyarakat juga dapat disampaikan melalui laman facebook pusat layanan informasi masyarakat Serdang Bedagai, via sms center di nomor 0821-6094-4441, hotline (0621)- 442135 dan website http ://ppidserdangbedagai.com dan mengirimkan surel ke mediacenter.sergai@gmail.com.