Home >  Berita >  Umum

Tekan Harga Sembako, Pemko Medan Gelar Pasar Murah

Selasa, 31 Mei 2016 15:42 WIB
Penulis: Adi Wasgo
tekan-harga-sembako-pemko-medan-gelar-pasar-murah Plt Kadis Perindag Medan, Ir Qamarul Fatah Msi. (GoSumut/Adi Wasgo)
MEDAN - Untuk menekan harga kebutuhan pokok menjelang bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan pada 1 Juni 2016 menggelar pasar murah secara serentak di 151 kelurahan di 21 kecamatan se-Kota Medan.Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Medan Ir Qamarul Fatah MSi ketika ditemui GoSumut di ruang kerjanya, Selasa (31/5/2016). 

Dia juga mengajak masyarakat agar bijak membeli berbagai kebutuhannya supaya tidak memicu kenaikan harga di pasaran. Disperindag Medan juga akan menyurati dan mengimbau para distributor agar tidak menimbun dan berspekulasi agar tidak memicu kenaikan harga di pasaran.

Qamarul Fatah yang juga Asisten Ekbang Kota Medan menyebutkan, pasar murah akan dipusatkan di Lapangan Pertiwi Pulobrayan Medan. "Masyarakat khususnya warga menengah dan bawah di Medan," jelasnya.

Ads
Artinya, kalau belanja sesuai kebutuhan saja tidak akan berjadi gejolak dan kenaikan harga di pasaran. Kalau konsumen kelas atas, sudah bisa dipastikan akan berbelanjadan membeli berbagai keperluan di Pasar modern dan supermarket.

Sebagaimana mekanisme pasar, lanjutnya lagi, sangat tergantung dengan suplay dan deeman. Kalau permintaan tinggi otomatis akan memicu kenaikan harga itu. “Kita minta masyarakat khususnya dapat memanfaatkan Pasar Murah Pemko Medan yang telah disubsidi Pemko Medan tersebut.

Pasar Murah ini, selain untuk membantu warga Medan menetralisir harga di pasaran juga membantu warga Medan khususnya menengah dan ke bawah mendapatkan harga yang murah setelah disubsidi oleh Pemko Medan tersebut.

Agar penyaluran Pasar Murah tapat sasaran, kita juga akan membatasi pembeli masyarakat di Kantor Kelurahan. Contohnya, kalau membeli beras harus 5 Kg, telur 1 papan, gula 1Kg, markisa 2 botol dan seterusnya secara bergantian sampai berakhirnya Pasar Murah Pemko Medan tersebut.

Menyinggung tentang belanja bijak itu, Qamarul mengatakan telah melakukansosialisasi baik pada acara talk show dan juga menyurati MUI memberitahukan lewat tauziah dan pengajian saat bulan Ramadhan ini. (Adi Wasgo)

Editor : Zul Anwar Ali Marbun
Kategori : Umum, Ekonomi, Gonews Group, Medan, Sumatera Utara
www www