MEDAN - Kota Medan dan Kota Gwangju, Korea Selatan telah menjalin kerjasama kota bersaudara (sister city) selama beberapa tahun. Kerja sama tersebut sangat strategis terlebih dengan adanya kecenderungan global, yang mendorong hampir seluruh kota-kota di dunia berinteraksi satu sama lain tanpa dihalangi batas - batas administratif untuk membangun kerjasama regional yang saling menguntungkan.

Hal itu dikatakan Kabag Humas Pemko Medan Budi Hariono kepada Gosumut.com, Rabu (25/5/2016) di ruang kerjanya.

Disebutkan Budi, Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi ketika menerima langsung kunjungan Wali Kota Gwangju, Mr Yoon Jang Hyun di Herritage Grand Aston, Selasa(24/5) kemarin. Kunjungan Wali Kota Gwangju ini dilakukan terkait dengan program Sister City antara Pemko Medan dan Kota Gwangju.

Kata Akhyar, ungkap Budi Hariono, kota yang maju adalah kota yang paling banyak berinteraksi dengan dunia luar atau kota- kota besar lainnya, terutama interaksi di sektor perdangangan. Artinya hubungan kerjasama luar negeri dan kota bersaudara yang dikembangkan ini diharapkan mampu memperkuat dan memperkokoh kerjasama sister city, khususnya di bidang industri, perdagangan, pariwisata dan investasi.

"Pertemuan itu diharapkan dapat menggagas lebih banyak prospek kerja sama luar negeri dan kota bersaudara( sister city), khususnya antara Kota Medan dan Gwangju. Atas nama Pemko Medan saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Wali Kota Gwangju karena telah berperan aktif dalam mendorong peningkatan kerjasama luar negeri antara Kota Medan dan Gwangju" katanya.

Selain itu, diharapkan juga kerja sama kedua kota ini dapat terus dikembangkan dengan volume yang semakin besar di berbagai bidang pembangunana. Pemko Medan membuka diri untuk berbagai saran masukan dalam rangka mengembangkan hubungan kerjasama luar negeri dan kota bersaudara yang lebih produktif pada masa yang akan datang.

"Digagas langkah - langkah strategis efektif dan konkrit untuk mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan. Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi kedua kota bersaudara, sehingga dapat kita ubah menjadi peluang kerjasama regional yang semakin produktif,” ujar Kabag Humas sesuai kata Wakil Walikota Medan itu.

Disebutkan, kunjungan itu turut dihadiri Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, Sekda Medan Ir Syaiful Bahri Lubis, Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwi Hananto, Kajari Medan, Samsuri SH, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Medan, Lilik Bambang dan Ketua Asosiasi Sister City Bayu Fadlan, pimpinan SKPD, tokoh masyarakat Afifudin Lubis, Syaf Lubis, mantan Wali Kota Medan Bachtiar Jafar dan mantan Wakil Wali Kota medan, Ir Maulana Pohan.

Sementara itu, kata Budi, Wali Kota Gwangju, Mr Yoon Jang Hyun menyampaikan ucapan terima kasihnya sambutan yang meriah terkait kunjungan yang dilakukannya. Yoon menilai
pertemuan yang berlangsung malam itu tak ubahnya seperti sebuah kerjasama antara kedua kota.

“Merasa bersalah jika tidak sering mengunjungi Kota Medan. Untuk itu kedatangan saya hari ini untuk memikirkan kerjasama kedua kota (Medan dan Gwangju), terutama terkait pertukaran pelajar di kedua kota,” jelas Yoon.