PANGURURAN - Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir bersama Harian Analisa Perwakilan Kabupaten Samosir menggelar lomba karya tulis dengan mengusung tema tentang cara memajukan pendidikan di Samosir dan bagaimana Samosir menyambut Monaco of Asia. Ketua Panitia, Franzul M Sianturi didampingi Sekretaris Saut M Manihuruk, Senin (23/5/2016) dalam siaran persnya ke GoSumut menjelaskan, adapun para peserta yang ikut lomba yakni, guru yang aktif mengajar di sekolah negeri maupun swasta yang dibuktikan dengan surat aktif bertugas yang dikeluarkan oleh sekolah. Kemudian, siswa SMP dan SMA yang aktif dibuktikan oleh surat keterangan yang dikeluarkan oleh sekolah.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menjaring ide-ide tentang pendidikan dan kepariwisataan di Kabupaten Samosir. Dengan ruang lingkup guru dan siswa tentang cara memajukan pendidikan dan kepariwisataan di Kabupaten Samosir," ujar Franzul.

Lebih lanjut, karya tulis yang dihasilkan oleh guru harus menyangkut cara memajukan pendidikan Kabupaten Samosir sekaligus dalam rangka purna bakti Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Drs. Marulak Malau, M.Si.

Serta, karya tulis yang dihasilkan oleh siswa dengan tema Samosir menjadi Destinasi Wisata Internasional atau Monaco of Asia harus karya asli, tidak dibenarkan mengcopy paste atau menjiplak karya orang lain.

Sekretaris Panitia Saut M Manihuruk menegaskan, lomba ini juga merupakan penjaringan ide-ide praktis dari para guru dan siswa tentang menyikapi pendidikan dan kepariwisataan di Samosir untuk kemudian dipublikasikan kepada umum untuk dikonsumsi sebagai tataran wacana yang perlu dipikirkan untuk dilaksanakan oleh seluruh warga Samosir atau para pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak itu saja, lomba ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis di kalangan guru dan siswa, membangun cara berpikir kritis, jernih, dan seimbang, dan memotivasi para guru dan siswa untuk memiliki semangat lomba dengan mempersembahkan karya yang terbaik.

Saut Manihuruk menyampaikan, karya tulis bersifat asli bukan jiplakan, karya tulis menggunakan bahasa Indonesia, karya tulis belum pernah dipublikasi di media, karya tulis merupakan ide dan gagasan penulis yang dapat direalisasikan secara praktis, karya tulis ditulis dalam dua halaman folio (2.000 kata), karya tulis bersifat perorangan, naskah jurnalistik ditulis dalam tiga jenis yaitu berita (news), karangan khas (feature), dan opini (views), berita (news) harus memenuhi unsur 5W+1H, piramida terbalik, dan standar kelayakan berita dan Jika karya tulis tidak sesuai ketentuan-ketetuan di atas, panitia berhak menggugurkan peserta lomba.

Jadwal pelaksanaan kegiatan mulai tanggal 15 sampai 31 Mei 2016 dengan menyerahkan karya tulis dan dikirim ke: lombakaryatulis2016@gmail.com. Paling lambat 31 Mei 2016 pukul 21.00 WIB bahan sudah diterima dan pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 3 Juni 2016. (James Aries)