MEDAN - Kebutuhan stok darah di Sumatera Utara (Sumut) dibanding permintaan masih kurang, kendati stok yang tersedia terus mengalami peningkatan. Demikian Plt Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) Tengku Erry Nuradi pada pembukaan Konferensi Provinsi Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut di aula Museum Rahmat Gallery Jalan S Parman Medan, Sabtu (21/5/2016).

Melihat permintaan kebutuhan itu, kata Erry, sudah saatnya PMI Sumut dengan kepemimpinan ketua yang baru nanti dapat bergerak lebih cepat untuk menyediakan stok darah dengan terus gencar melakukan kegiatan donor bersama masyarakat.

“Selain itu, sudah saatnya Bank-Bank Darah disediakan di setiap rumah sakit sehingga permintaan kebutuhan darah dari pasien yang membutuhkan dapat disediakan dengan segera,” kata Erry.

Terkait kepemimpinan Rahmat Shah selama lima tahun mengetuai PMI Sumut periode 2011-2016, menurut Erry, sudah cukup baik. “Banyak sekali perubahan-perubahan yang dilakukan Rahmat Shah selama lima tahun ini sehingga kiprah PMI makin disambut hangat masyarakat,” ujar Erry.(Zul Marbun)