Home >  Berita >  Umum

Pulau Jemur, Mutiara di Gerbang Utama Pulau Sumatera

Pulau Jemur, Mutiara di Gerbang Utama Pulau Sumatera
Gugusan Pulau Jemur yang menawan.
Sabtu, 21 Mei 2016 13:23 WIB
PEKANBARU - Nama Pulau Jemur mungkin tidak asing lagi, setelah heboh dugaan klaim paket wisata oleh Malaysia beberapa waktu lalu. Pulau yang merupakan gugusan Kepulauan Arwah ini berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.Pulau sebagai habitat penyu hijau ini memiliki pesona alam indah dengan pasir putih lembut. Pulau Jemur berada 72,2 kilometer dari Kota Bagan Siapiapi, ibukota Rokan Hilir. Wilayah ini juga berjarak 64,3 kilometer dari Pelabuhan Klang, Malaysia yang membuatnya seakan mutiara terpendam di tengah lautan Selat Malaka.

Pulau seluas 250 hektare tersebut, keindahan alam patut jadi perhatian pemerintah, masyarakat hingga para pelancong domestik dan juga mancanegara. Betapa tidak, aneka keunikan alam disuguhkan Tuhan di gugusan pulau ini.

Di antara deretan Pulau Jemur juga terdapat sejumlah pulau kecil seperti Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik. Dengan menempuh perjalanan selama dua jam dari Kota Bagan Siapiapi menggunakan speedboat, semua mata takjub akan keindahan alam yang terbentang di antara buih ombak yang menyeret pelan pasir putih di hamparan pantai Pulau Jemur.

Ads
Gugusan Kepulauan Arwah terutama Pulau Jemur merupakan satu-satunya habitat penyu hijau yang masih lestari. Penyu hijau juga dikenal sebagai spesies penyu langka dan terancam punah. Di kawasan ini pernah dicanangkan penangkaran penyu hijau. Namun belakangan program tersebut terhenti.

Beningnya air laut juga menjadi daya tarik tak terelakkan. Di sisi pantai, kita dapat menyaksikan pasir putih menjadi dasar laut yang diikuti terumbu karang warna-warni dengan bebatuan karang yanh terjal.

Potensi laut yang besar di Pulau Jemur telah menyumbang banyak pemasukan, terutama di sektor perikanan. Potensi wisata juga sangat besar siap menjadikan destinasi unggulan di Bumi Lancang Kuning. ***

Editor : Fahrul Rozi
Sumber : eloratour.wordpress.com
Kategori : Umum, Gonews Group
www www