Home >  Berita >  Umum

Warga Dua Kecamatan di Tamiang belum Terlayani Air Bersih

Warga Dua Kecamatan di Tamiang belum Terlayani Air Bersih
Ilustrasi air bersih.
Jum'at, 20 Mei 2016 18:35 WIB
Penulis: Suparmin

Kualasimpang – Hingga kini, dua kecamatan di Aceh Tamiang, belum tersentuh pelayanan air bersih. Pihak PDAM Tirta Tamiang beralasan, di kedua kecamatan tersebut, masing-masing Kecamatan Bandar Pusaka dan Kecamatan Tenggulun, belum memiliki fasilitas jaringan air.

Namun masyarakat di Bandar Pusaka sedikit lebih beruntung. Pasalnya, harapan bisa menikmati suplai air bersih akan segera terwujud. "Untuk Kecamatan Bandar Pusaka sedang dilakukan instalasi jaringan," kata Direktur PDAM Tirta Tamiang, Suhairi, kepada GoAceh, Jumat (20/5/2016).

Pembangunan instalasi air bersih berkapasitas 20 liter per detik tersebut merupakan bantuan dari negara Hongaria. “Alhamdulillah. Di sana sedang dibangun jaringan distribusi. Nantinya fasilitas PDAM di sana mampu memasok air untuk 900 rumah yang tersebar di sejumlah," sebut Suhairi

Wilayah lain yang belum terjangkau pelayanan PDAM seluruhnya adalah Kecamatan Rantau. “Di sana sebagian sudah teraliri PDAM, namun belum menyeluruh. Diharapkan, tahun 2017 mendatang, seluruh warga Kecamatan Rantau bisa menjadi pelanggan PDAM Tirta Tamiang,” katanya.

Di tengah pelayanan yang belum maksimal untuk warga setempat, PDAM Tirta Tamiang justru mendapat permintaan tambahan dari kabupaten tetangga. "Warga Sumatera Utara, khususnya Daerah Halban Jati dan sekitarnya, sudah memohon untuk disuplai air dari kita. Permintaan itu disampaikan langsung Bupati Langkat ke  Bupati Aceh Tamiang,” kata Suhairi. 

Ads
Editor : TAM
Kategori : Umum, Ekonomi, Gonews Group
www www