MEDAN - Kemana Anda akan pergi menikmati liburan di akhir pekan ini? Ada banyak destinasi wisata di Provinsi Sumatera Utara. Salah satunya, pesona alam Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kota Sibolga.

“Selain ada pesona pantai, laut, pulau-pulau yang indah, serta pegunungan, juga ada ragam kuliner yang enak dan enak sekali," kata Fadli, seorang pemandu wisata melalui sambungan telepon kepada GoSumut.com (GoNews Group), Jumat pagi (20/5/2016).

Menurut Fadli, karena indah dan asyiknya menikmati pesona alam Tapteng-Sibolga, ada istilah bagi masyarakat di sana “jangan mati dulu, sebelum menikmati pesona alam Tapteng-Sibolga”.

Sejumlah obyek wisata terkemuka yang berada di kawasan pengembangan pariwisata nasional itu, kata Fadli, ada pemandangan alam Teluk Tapian Nauli Sibolga dengan gugus pulau di sekitarnya yakni Pulau Poncan Gadang, Pulau Poncan Ketek, Pulau Sarudik, dan Pulau Panjang.

Sementara di Kabupaten Tapteng, ada Pantai Pandan, Pantai Bosur, Pulau Mursala dengan air terjun dan terumbu karang, Pulau Puti, Pulau Silabu-labu Nagodang, Pulau Kalimantung Namenek, dan Pulau Jambe.

“Juga ada kota tua Barus yang sudah kesohor sejak ribuan tahun silam dan menjadi tempat pertama masuknya Islam ke nusantara. Dan di sekitar Barus sendiri ada Pantai Sitiris-tiris, Pantai Ujung, Pantai Kahona, dan Pulau Karang,” tutur Fadli.

Untuk dapat menikmati seluruh pesona alam itu, imbuh Fadli, wisatawan bisa langsung naik pesawat udara via Bandara Soekarno-Hatta tujuan Bandara Pinangsori atau Bandara Kualanamu tujuan Bandara Pinangsori.

“Naik angkutan darat juga bisa dari Medan melintasi Pematang Siantar, Parapat dan kawasan Danau Toba, Balige, Tarutung dan Sibolga. Atau dari Medan, Berastagi, Sidikalang, Dolok Sanggul, Pakkat dan Barus,” papar Fadli. (Zul Marbun)