ASAHAN- Demi menciptakan Pemimpin bebas Narkoba, Pemkab Asahan telah menggandeng Bandan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Asahan, guna memeriksa 70 orang calon Kepala Desa yang akan mengikuti Pilkades di Wilayah Asahan, Sumatera Utara.

Tes urin ke 70 Cakades tersebut dilakukan tim BNNK Asahan, hari ini Rabu (18/05/2016). Kepala BNNK Asahan Tuangkus Harianja menjelaskan, jka dalam tes ternyata positif menggunakan anrkoba maka dinyatakan tidak lolos alias gugur dalam pencalonan.

"Dari hasil tes urin ke 70 calon Kades yang kita laksankan tadi, hasilnya negatif. Namun jika nanti dalam tes selanjutnya ditemukan ada yang positif maka otomatis Cakades tersebut gugur dan langsung kita proses secara hukum," ungkapnya kepada GoSumut.com, Rabu (18/05/2016).

Tuangkus Harianja juga menjelaskan, tes urin dilakukan untuk memastikan calon kepala desa yang kelak terpilih bebas dari narkoba. "Ini sesuai instruksi dari Pemerintah Kabupaten Asahan akan melakukan tes urin kepada seluruh calon kepala desa yang akan mengikuti pemilihan," ujarnya.

Karena menurutnya, salah satu syarat menjadi Cakades di Kabupaten Asahan, yang bersangkutan harus sehat jasmani dan rohani, termasuk bebas dari narkoba.

Dengan demikian nantinya diharapkan para Cakades yang menjadi Kepala Desa, juga turut serta dalam memerangi bahaya narkoba di wilayahnya masing-masing.

Iapun berharap, kedepan tidak ada lagi pemimpin khususnya di Kota Kisaran  mulai dari Desa sampai tingkat Kabupaten, tidak adalagi pejabat yang terlibat narkoba.”Pemimpin harus bisa memberi contoh yang baik kepada masyarakat, jika pemimpinnya terlibat narkoba bagaimana dengan masyarakatnya,”ujarnyaTuangkus Harianja.

Saat disinggung, apakah BNNK selain melakukan tes urine ke cakades, juga akan melakukan tes yang sama terhadap para pejabat seperti Bupati, Camat dan lainya. Dirinya mengaku Pihak sudah melayangkan surat kepada pemerintah daerah. "Terkait pelaksanaan tes urine ke para pejabat Kabupaten sudah kita ajukan. Meski begitu, sampai saat ini, BNNK Asahan  belum mendapatkan jawaban," pungkasnya. (Zal)