PADANG - Korem 032/Wirabraja menggelar lomba burung berkicau tingkat Sumatera, Wirabraja Cup. Acara ini memperebutkan piala Danrem 032/Wbr, Minggu (15/5/2016) di lapangan Makorem  032/Wbr jalan Jenderal Sudirman No 29 Padang.

Kepala Staf Korem (Kasrem) 032/Wirabraja Kolonel Mirza Agus penanggung jawab acara di dampingi oleh Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Wawan Erawan sebagai ketua panitia lomba mengatakan, karena banyaknya di pulau Sumatera penghobi/pencinta burung berkicau, dimana pertumbuhannya semakin hari menunjuk grafik peningkatan yang cukup pesat, Korem 032/Wbr menggelar lomba burung berkicau tingkat Sumatera.

“Acara ini merupakan event tahunan yang memperebutkan Piala Danrem cup Wirabraja, peserta dari pencinta burung se Kota Padang Sumatera pada umumnya. Rekan-rekan yang mengikuti acara ada yang datang dari jambi, muara bunga,” tuturnya.

“Alhamdulillah awal kegiatan sangat banyak peminat yang mengikutinya, hal ini terlihat dari jumlah beserta yang bergabung sebanyak kurang lebih 800 peserta,” imbuhnya.

Dari perlombaan tersebut di harapkan muncul komunitas-komunitas baru yang mendukung upaya kelangsungan budidaya burung langka, terutama jenis murai batu, yang memiliki suara kicauan khas dan banyak peminatnya.

Armen, salah satu peserta yang mengikuti lomba mengungkapkan, dengan adanya acara ini mampu menyalurkan kehobian masyarakat sebagai pencinta burung.“Harapan kami acara ini bisa dilaksanakan satu kali enam bulan,” akunya.

Tema yang diangkat dalam lomba burung berkicau Wrabraja Cup ini “ Dengan lomba dan Pameran Burung Berkicau Wirabraja Cup Tahun 2016, kita jadikan sebagai ajang silaturahmi serta menuju prestasi puncak penghobi Nusantara.”

Jenis burung yang dilombakan seperti Murai batu ekor putih, Murai putih ekor hitam, kacer, kapas tembak cucar hijau polos, cucar hijau kekuning-kuningan, love bird dan kenari.

Pantauan Penrem 032/Wbr di lokasi perlombaan, peserta yang mengikuti lomba dari tokoh-tokoh perburungan single fighter dari Sumatera, penakar burung berkicau jenis lokal dari wilayah Sumatera dan penghobi burung berkicau yang tersebar di wilayah Sumatera-Jawa.

Kolonel Inf Mirza Agus berharap acara ini bisa berlangsung dengan lancar dan untuk tahun selanjutnya dalam rangka ulang tahun TNI acara ini akan dilaksanakan. (Rilis/Penrem 032/Wbr)