MEMILIKI rumah idaman adalah impian setiap orang, namun hanya karena sektor properti di Indonesia khususnya ditaksir dengan harga yang cukup tinggi bukan berarti kamu harus melupakan dan mengubur impianmu dalam-dalam. Sebab banyak cara agar kamu mendapatkan rumah idaman salah satunya yaitu dengan kredit pemilikan rumah atau KPR.

Meski terkesan mudah, KPR tidak sesederhana itu. Banyak persyaratan yang harus kalian lalui untuk dapat menikmati fasilitas pinjaman KPR dari bank, salah satunya adalah memiliki kemampuan finansial yang meyakinkan. Untuk dapat diakui oleh bank bahwa kamu memiliki kemampuan finansial yang meyakinkan, jumlah saldo di rekeningmu tak cukup untuk dijadikan jaminan namun juga riwayat kredit yang baik dan pekerjaan yang mumpuni.

Sebab bank yang akan memfasilitasi kamu harus terlebih dahulu yakin bahwa kamu mampu melunasi utang selama masa kredit yang ditentukan. Lalu bagaimana nasib para pekerja freelance yang tidak memiliki kepastian jumlah dana yang masuk setiap bulannya?

Pekerja freelance memang sering dianggap sebagai pekerja serabutan yang tidak memiliki penghasilan tetap, namun banyak dari mereka yang bahkan memiliki kemampuan finansial jauh di atas para pegawai tetap. Masih banyak jalan menuju Roma, artinya selalu ada cara agar kalian mendapatkan apa yang kalian inginkan termasuk mendapatkan fasilitas pinjaman KPR dari bank. Yang harus ditekankan di sini adalah kamu harus meyakinkan pihak bank bahwa kamu merupakan calon kreditor yang cukup kredibel dan dapat melunasi tagihan tepat waktu. Begini caranya!

Riwayat Pengeluaran Bulanan

Meski tidak dipekerjakan secara formal oleh suatu perusahaan, kamu tetap dapat menikmati fasilitas KPR dengan cara meyakinkan bank bahwa kamu dapat mencukupi kebutuhan hidup bulanan rutin. Jelaskan secara detail kepada mereka pengeluaran rutin bulanan yang kalian habiskan, seperti sewa rumah, tagihan kartu kredit, belanja kebutuhan sehari-hari, cicilan kendaraan dan juga asuransi. Apabila riwayat pengeluaranmu dalam penilaian yang cukup baik (selalu membayar tagihan tepat waktu), bukan tidak mungkin bank akan memberikanmu fasilitas pinjaman berupa KPR.

Total Pemasukan

Menjadi freelancer atau pekerja lepas bukan berarti kamu tidak dapat menghasilkan apa-apa dalam jangka waktu satu bulan. Untuk meyakinkan pihak bank agar mau memberikanmu fasilitas pinjaman KPR, kamu harus terlebih dahulu dapat mengetahui gambaran kasar seberapa banyak uang yang masuk ke rekeningmu dalam sebulan. Jika kamu memiliki usaha lain, jangan lupa untuk sertakan juga penghasilan dari usahamu yang lain untuk lebih meyakinkan. Kamu juga dapat menyertakan NPWP dan kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk meyakinkan mereka bahwa penghasilan yang kamu dapatkan dapat ditelusuri dan telah dipotong pajak.

Tabungan

Agar bank mau menyetujui permohonan KPR yang kamu ajukan, kamu juga harus memiliki sejumlah uang tabungan. Jelaskan kepada bank bahwa selain membayar tagihan tepat waktu, kalian juga mampu untuk masih menyisihkan beberapa pundi-pundi penghasilan hasil freelance kalian untuk ditabung. Idealnya kamu memiliki rabungan dengan hitungan 2 kali pengeluaran bulananmu. Jika memiliki tiga atau empat kali dari hitungan tersebut justru jauh lebih baik.

Jangan Menyerah

Bank tidak akan begitu saja percaya jika kamu merupakan seorang freelancer yang baru. Sebab kredibilitasmu untuk membayar atau melunasi cicilan di kemudian hari akan dipertanyakan kembali. Untuk itu kamu harus bersabar dan terus berusaha, jangan menyerah jika pengajuan KPR ditolak oleh bank yang bersangkutan. Sebab selalu ada kali kedua untuk semua hal termasuk dalam pengajuan KPR untuk rumah impianmu. ***