Home >  Berita >  Umum

Tunjang Pariwisata Daerah, Korem 032/Wirabraja Gelar Lomba Burung Berkicau

Tunjang Pariwisata Daerah, Korem 032/Wirabraja Gelar Lomba Burung Berkicau
Burung murai batu pelor mas, burung berkicau yang digandrungi penggemar asal Sumatera. (Ist)
Kamis, 12 Mei 2016 09:34 WIB

PADANG – Guna menunjang pariwisata dan penyaluran hobi, Korem 032/Wirabraja menggelar lomba burung berkicau. Sebagaimana diketahui,  di Pulau Sumatera banyak para penghobi/pencinta burung berkicau, dimana pertumbuhan dan perkembangannya  semakin hari semakin menunjukan grafik peningkatan yang cukup pesat. Perkembangan ini diikuti pula dengan banyaknya sektor iformasi lainnya turut, serta menikmati efek dari hobi burung berkicau, terlebih dalam peningkatan dibidang pariwisata.

Dengan banyaknya animo pencinta burung berkicau di Sumbar Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja akan menggelar lomba burung berkicau tingkat Sumatera “Wirabraja Cup” dalam rangka memperebutkan Piala Danrem 032 pada Minggu 15 Mei 2016 di Lapangan Makorem 032/Wbr jalan Jenderal Sudirman No. 29 Padang.

Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Wawan Erawan sebagai Ketua Panitia Lomba burung berkicau mengatakan, perlombaan tersebut diikuti pencinta burung dari berbagai daerah untuk 18 kelompok perlombaan, diantaranya kelompok Murai Batu dan Cucok Rowo.

Dari perlombaan tersebut diharapkan muncul komunitas-komunitas baru yang mendukung upaya kelangsungan budidaya burung langka, terutama jenis Murai Batu. Yang memiliki kualitas suara  yang khas dan banyak peminatnya.

Ads
''Banyak manfaat yang diperoleh  dari perlombaan tersebut, diantaranya meningkatkan perekonomian masyarakat yang ditandai meningkatnya harga burung di pasaran, terlebih untuk jenis burung yang mendapat sertifikat atau penghargaan dalam ajang bergengsi tersebut," ujar Wawan Erawan, Rabu (11/5/2016).

Dikesempatan lain Kepala Penerangan (Kapen) Korem 032/Wbr Mayor Kav Deswanto mengatakan “dalam menggelar lomba dan pameran burung berkicau ini kita dapat mengambil manfaatnya untuk menjadikan sebagai ajang silaturrahmi sesama penghobi burung, promosi atas potensi daerah dan juga sebagai wahana membina persatuan dan kesatuan anak bangsa.

Tema yang diangkat dalam lomba burung berkicau Wirabraja Cup ini “ Dengan lomba dan Pameran Burung berkicau Wirabraja Cup Tahun 2016, kita jadikan sebagai ajang silaturrahmi serta menuju prestasi puncak penghobi Nusantara“

 

Jenis burung yang dilombakan nantinya seperti Murai batu ekor putih, murai batu ekor hitam, kacer, kapas tembak cucar hijau polos, cucar hijau kekuning-kuningan, love bird dan kenari.

 

Peserta yang ikut berlomba nantinya dari tokoh-tokoh perburungan single fighter dari Sumatera, penangkar burung berkicau jenis lokal dari wilayah Sumatera, penghobi burung berkicau yang tersebar di wilayah Sumatera-Jawa. (Penrem 032/Wbr/**/erz)

gosumbarcom_refek_102.jpg

Editor : Calva
Kategori : Umum, Gonews Group
www www