MEDAN- Salah seorang pedagang buah inpor di Pasar Petisah, Medan, Sumatera Utara, Herman S mengaku, beberapa buah inpor mengalami kenaikan sejak sepekan yang lalu, hal itu disebabkan karena susahnya mendapat barang.

Dia mengatakan, harga buah apel merah biasanya di jual dengan harga Rp. 35 ribu rupiah, kini menjadi Rp.60 ribu rupiah perkilo gramnya. Selain itu juga harga apel hijau yang biasanya di jual para pedangang berkisaran Rp. 35 ribu kini naik menjadi Rp. 45 ribu rupiah per satu kilonya.

"Harga ini sudah naik beberapa minggu yang lalu, dan di tambah lagi dengan stok barang terbatas dari distributor, belum lagi kami ambil dari pasar induk di Tuntungan, barang banyak yang kosong," kata Herman kepada Gosumut.com (11/5/2016).

Herman mengungkapkan, berbeda dengan harga buah pir impor. Harga buah pir impor mengalami kenaikan perlahan dari Rp 25 ribu per kilo, kini naik menjadi Rp 30 ribu per kilo. Namun, seminggu yang lalu buah pir naik menjadi Rp 50 ribu per kilo. "Kalau buah pir kenaikannya itu secara bertahap, dan sangat berbeda dengan buah yang lainnya," ungkapnya. Dia menambahkan, buah-buah impor yang dijualnya banyak berasal dari Australia, Tiongkok dan Amerika. "Biasa buah-buah ini dari sana yang banyak kita jual, sekarang sudah mulai susah barang dari sana," jelasnya. lmn