HMI Deli Serdang Respon Pernyataan Saut Situmorang

HMI Deli Serdang Respon Pernyataan Saut Situmorang
Terlihat Kader HMI cabang Deli Serdang, Sedang melakukan penanda tanganan di sebuah spanduk putih.
Senin, 09 Mei 2016 10:57 WIB
MEDAN- Pernyataan kontroversi salah satu pimpinan KPK, Saut Situmorang yang terkesan menyudutkan kader dan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ditangapi dengan serius oleh berbagai kalangan, tak terkecuali HMI Cabang Deli Serdang.Bentuk protes mereka terhadap pernyataan Saut Situmorang, Organisasi HMI Cabang Deli Serdang membuat tanda tangan di atas spanduk putih yang berisi tuntutan kepada pimpinan KPK tersebut agar mencabut ucapannya, meminta maaf dan mengajukan pengunduran dirinya.

"Sebagai pejabat publik atau public figure, tentunya banyak hal yang harus dijaga, khususnya perkataan dan perbuatan. Saut Situmorang dalam hal ini telah lalai menjaga lisan dan perbuatannya sehingga menyakiti sekelompok orang yang sedang berproses atau yang pernah berproses di HMI," kata Ketua Umum HMI Cabang Deli Sedang, Syukri Mujahid.

"Sebagai organisasi menurut saya HMI harus dan wajib memberikan reaksi terkait hal ini. Reaksinya tidak hanya turun ke jalan ataupun menempuh jalur hukum. Akan tetapi kasus ini harusnya juga menjadi bahan evaluasi untuk pembenahan kualitas organisasi khususnya kualitas perkaderan."

Ads
Penandatanganan spanduk yang berisi tuntutan atas pernyataan Saut Situmorang tersebut, dilakukan usai penutupan Latihan Kader I (LK I) Komisariat FIS Unimed di Mess Dinas Perhubungan, Medan, Senin (9/5/2016) dini hari.

Menurut salah seorang alumni yang sempat mengikuti jenjang perkaderan HMI mulai dari LK I, LK II hingga LK III, Muhammad Fadli, dirinya sangat tersinggung dengan pernyataan Saut tersebut. Sebab menurutnya, meski ada alumni HMI yang korupsi, namun sangat tidak adil jika menggeneralisasi seluruh kader dan alumni korps hijau hitam.

"Saya HMI dan saya LK I. Namun saya berani yakini, saya bukan lah orang jahat apalagi koruptor seperti yang disangkakan Saut kepada kita," tegasnya.

Selanjutnya, spanduk yang berisi tanda tangan seluruh kader dan alumni HMI Cabang Deli Serdang akan dipasang di Kampus Universitas Negeri Medan sebagai bukti bahwa apa yang disampaikan oleh pimpinan KPK tersebut merupakan satu kekeliruan.

Turut hadir dalam penandatanganan tersebut, Ketua Umum HMI FIS Unimed, Iis Soleha, Ketua Umum HMI FE Unimed, Muhammad Fatih, Presiden Senat Mahasiswa Unimed, Chandra Fahmi Zega, dan beberapa alumni HMI Cabang Deli Serdang. (Rilis)

Editor : Elmansyah Putra
Sumber : AnalisaDaily.com
Kategori : Sumatera Utara, Deli Serdang, Gonews Group, Pemerintahan, Peristiwa
www www