PEKANBARU - Gerakan Nusantara Mengaji yang diprakarasi mantan Menteri Tenaga Kerja RI H. Muhaimin Iskandar sukses digelar di Riau. Sedikitnya ada 120 tempat penyelenggaraan dengan peserta mencapai 25.000 orang. Kordinator Daerah Riau Abdul Wahid mengatakan, kegiatan Nusantara Mengaji di Riau dibuka secara resmi oleh Ketua PBNU KH. Said Aqil Siradj di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Sabtu (7/5/2016) malam tadi.

"Renacanya kegiatan ini akan ditutup malam ini di Pondok Pesantren Al Kautsar, Tenayan Raya, Pekanbaru," kata Abdul Wahid yang juga Ketua DPW PKB Riau, Minggu (8/5/2016).

Wahid menyebutkan, Nusantara Mengaji adalah gerakan nasional dari Sabang sampai Merauke dengan program khataman Alquran serentak sebanyak 300.000 kali dalam waktu dua hari tanggal 7-8 Mei 2016.

"Tujuannya berdoa bersama, bermunajat untuk kebaikan bangsa dan negara. Siapa saja bisa berpartisipasi menjadi bagian dari khataman ini. Minimal membaca 1 juz Alquran sesuai kemampuan jumlah juz yang akan dibaca," jelas Abdul Wahid lagi.

Wahid mengatakan, dari target sebanyak 7.700 kali khataman, Riau sukses melampau target yakni sebanyak 8.400 kali khataman dengan peserta lebih kurang 25.000 orang.(*/rul)