PEKANBARU - Ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat) hingga Sabtu (7/5/2016) malam sekitar pukul 20.00 WIB, masih terlihat ramai disejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, Riau. Mereka tumpah ruah merayakan kelulusan yang diumumkan sore tadi. Kebanyakan dari mereka berkonvoi dan tidak menggunakan alat keselamatan.

Pantauan GoRiau.com, hampir disemua jalan protokol bisa dilihat aksi konvoi dari kalangan pelajar ini. Dari semuanya, paling banyak terlihat berkumpul di Kawasan Purna MTQ dan Jalan Pattimura, dekat Taman Makam Pahlawan. Bahkan di sana, mereka sengaja parkir di tengah jalan samping taman makam, sehingga menyulitkan kendaraan lain yang lewat.

Aktivitas mereka mulai ramai sejak hujan reda, seusai magrib. Jika dihitung, jumlah mereka mencapai ratusan orang. Makin lama, mereka semakin ramai. Tak sedikit pula yang ugal-ugalan dan menerobos lampu merah, kebut-kebutan dan saling nyalip satu sama lain.

Mengantisipasi itu, polisi lalu lintas pun datang ke lokasi. Melihat mobil patroli, mereka pun berhamburan pergi, sambil menggeber-geber motor. Mereka pindah tempat tongkrongan ke lokasi lain yang juga sudah dijaga aparat kepolisian lainnya. Bingung, ratusan pelajar ini akhirnya mutar-mutar, mulai dari Jalan Diponegoro, Gajah Mada hingga Jalan Pattimura.

Sambil jalan, ratusan pelajar itu juga berteriak-teriak kepada petugas kepolisian sembari menggeber kendaraannya. "Kita hitung ada sekitar ribuan pelajar yang konvoi. Titik konsentrasi mereka di MTQ dan Jalan Diponegoro, Jalan Pattimura dan dekat Taman Makam Pahlawan," ungkap Wakasatlantas, AKP Supriyana kepada GoRiau.com di lapangan.

"Ada yang kita tegur dan ada juga yang kita Tilang, sebanyak 50 unit kendaraan, karena sudah sangat di luar batas, seperti tidak pakai helm dan ugal-ugalan sehingga membahayakan pengguna jalan lainnya. Kita antisipasi agar mereka tidak konvoi dan langsung pulang ke rumah," sambung dia. ***