BIREUEN - Akibat belum tersedianya genset listrik, petugas di Unit Pelayanan Intensif Psikiatri dan Psikologi (UPIP) RSUD dr Fauziah Bireuen, Aceh mengaku kewalahan saat terjadi pemadaman lsitrik. Pasalnya, yang dirawat inap umumnya adalah pasien sakit jiwa.

Menurut sejumlah petugas di UPIP RSUD dr Fauziah kepada GoAceh.co, Rabu (4/5/2016) selama terjadinya pemadaman listrik, pihaknya sangat kewalahan, terutama pada malam hari, karena banyak pasien sakit jiwa yang dirawat inap.

“Saat terjadinya pemadaman listrik secara dadakan, para pasien yang rata-rata sakit jiwa sedang dirawat inap kocar kacir, kecuali siang hari,” kata sejumlah petugas di bagian Psikiatri dan Psikologi yang enggan menyebut namanya.

Sementara Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen, dr Mukhtar MARS yang dikonfirmasi terpisah, Rabu (4/5/2016) mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengadaan mesin genset kapasitas stadar.

“Awalnya sudah pernah disediakan mesin genset kecil, namun tidak memenuhi kapasitas arus untuk kebutuhan UPIP, sehingga butuh mesin lain yang lebih standar,” katanya.

Anternatif lain, sambung Mukhtar, pihaknya juga pernah menawarkan pemasangan kabel arus listrik dari RSU Bireuen, karena lokasi UPIP tidak terlalu jauh dan hanya berselang beberapa unit rumah warga. Tapi kendalanya ada jalan umum yang dinilai sangat sulit dan membahayakan, sehingga pamasangan kabel tersebut dibatalkan. (jon)