BANDA ACEH - Kelompok diskusi yang menamai diri Serikat Rakyat akan menggelar aksi damai mengenang 17 tahun (3 Mei 1999 - 3 Mei 2016) tragedi berdarah Simpang KKA, di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Selasa (3/5/2016).

Mereka direncanakan akan melakukan aksi teatrikal sekitar pukul 11:00 WIB. Untuk mengingat kembali, Peristiwa Simpang KKA terjadi pada tanggal 3 Mei 1999 di Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

Ratusan orang menjadi korban dalam peristiwa pelanggaran HAM berat pada masa Daerah Operasi Militer (DOM) di Aceh. Sebanyak 39 warga sipil tewas (termasuk seorang anak berusia 7 tahun), 156 sipil mengalami luka tembak, dan sekitar 10 warga sipil dinyatakan hilang pada peristiwa tersebut.

Sementara di Simpang KKA, seratusan mayarakat telah tiba di lokasi persis peristiwa tersebut. "Kami lagi menunggu bapak Gubernur datang kemari," kata salah seorang warga sambil menunjukkan sepanduk selamat datang Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah terpasang di balik panggung. 

Informasi terakhir didapatkan dari Ketua Kontras Aceh Hendra Saputra, Gubernur Aceh Zaini Abdullah tidak bisa menghadiri acara tersebut. (rhd)