TELUKKUANTAN - Seluruh pemangku kepentingan pendidikan, terutama kepala sekolah, pengawas, pimpinan perguruan tinggi, dosen termasuk orangtua harus memberikan perhatian dan pendampingan lebih kepada peserta didik. "Hal itu dilakukan guna menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasih sayang, toleran terhadap realitas keanekaragaman dengan menyediakan ruang aktivitas yang positif," ujar Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, H. Sukarmis saat membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anis Baswedan ketika upacara peringatan 108 tahun Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Limuno Telukkuantan, Senin (2/5/2016) pagi.

Ini disampaikan Anis, kata Sukarmis, dalam menyikapi munculnya beberapa perilaku menyimpang di kalangan anak didik. Menurutnya, pendidikan memiliki peran dan tanggungjawab yang besar dalam membentuk karakter anak.

"Insya Allah, mulai tahun 2016 ini, pendidikan berbasis karakter, mulai dari pendidikan anak usia dini sampai perguruan tinggi," tegas Sukarmis di hadapan Forkompinda dan pelajar se-Kuantan Tengah.

"Selamat hari pendidikan, penghargaan setinggi-tingginya untuk seluruh insan pendidikan, serta seluruh stakholder yang bergerak di bidang pendidikan," ujar Sukarmis.

Untuk tahun 2016, peringatan Hardiknas mengambil tema sentral 'Nyalakan Pelita Terangkan Cita-cita'. Tema ini mengingatkan kembali tentang hakikat pendidikan yang ditekankan oleh Ki Hajar Dewantara, yakni daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran dan jasmani anak didik.***