Menteri Yuddy: Semua Perizinan Harus Dipermudah, Awas Kalau Masih Ada Pungli

Menteri Yuddy: Semua Perizinan Harus Dipermudah, Awas Kalau Masih Ada Pungli
MenPANRB, Yuddy Chrisnandi. (istimewa)
Jum'at, 29 April 2016 23:14 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan bahwa perbaikan pelayanan publik tengah mendapat sorotan saat ini.

"Presiden meminta supaya pelayanan lebih cepat, tidak ada lagi pungli, perizinan dipermudah," ujarnya di sela-sela meninjau pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang, Jumat (29/04/2016).

Menteri Yuddy mengharapkan adanya debirokratisasi dalam setiap pelayanan publik agar dapat memangkas waktu pelayanan. "Diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan publik," jelasnya.

Kehadirannya di unit pelayanan publik tersebut, karena menurutnya pengaduan masyarakat terkait pelayanan buruk oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) masih cukup banyak. "Masyarakat masih banyak mengeluhkan tentang lamanya waktu kepengurusan administrasi pertanahan," ujarnya.

Ads
Namun Yuddy menilai pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang sudah cukup memadai. Memadai ini dilihat dari tingkat transparansi, pelayanan prima, dan tingkat keluhan masyarakat yang minim. "Tinggal kecepatan waktu yang oerku diperbaiki," katanya.

Yuddy juga menghimbau, agar Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang juga meniru kantor pertanahan lain yang lebih baik. ***
wwwwww