LANGSA - Ratusan masyarakat Kota Langsa, Aceh melaksanakan shalat Istisqa untuk meminta hujan, Jumat (29/4/2016), sekitar pukul 08.30 WIB, di Lapangan Merdeka Langsa.

Bertindak selaku imam shalat yaitu Pimpinan Pondok Pesantren Raudatul Najjah Gampong Sukarejo, Kecamatan Langsa Timur, Tgk H Ridwan Ghapi. Sedangkan khatib adalah Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Dr Zulkarnaini MA.

Dalam khutbahnya, khatib mengajak para jamaah untuk memperbanyak istighfar kepada Allah SWT dan bertaubat kepada-Nya atas segala dosa yang pernah diperbuat.

Khatib juga mengimbau agar kaum muslimin menyadari sepenuh hati bahwa kekeringan akibat tidak turunnya hujan ini merupakan musibah dan teguran dari Allah SWT. Shalat ini untuk meminta dan berdoa agar diturunkan hujan. Tapi, sebenarnya malu minta hujan kepada Allah SWT, karena hujan adalah nikmatnya dan rahmatnya.

"Kita minta nikmatnya tapi apakah kita sudah mensyukuri nikmatnya. Tujuannya Shalat Istisqa ini adalah minta turun hujan kepada Allah SWT, karenanya sebelumnya kita berdoa minta hujan, maka kita harus mengetahui dahulu sebab tidak turunnya hujan, mungkin karena kesalahan dan dosa yang kita buat sehingga panas hari terus mengecam dan hujan tidak diberikan," sebut Dr Zulkarnaini.

Maka pada hari ini mamri memohon ampun agar Allah SWT membebaskan hambanya dari hukuman di akhirat, meskipun di dunia dihukum. "Kalau bisa di akhirat tidak kena hukum dan di dunia tidak kena hukum dan kita mohon ampun kepada Allah SWT agar menurunkan hujan rahmat bukan bencana," tutupnya.

Turut hadir dalam acara shalat Istisqa antara lain Wakil Wali Kota Langsa, Drs H Marzuki Hamid MM, Kapolres Langsa, AKBP Sunarya SIK, Ketua Pengadilan Negeri Langsa, Rahmad Hidayat, Wakapolres Langsa, Kompol Hadi Saepul Rahman SIK, Dandim 0104 Aceh Timur, Letko Inf Amril Haris Isya Siregar SE serta sejumlah SKPK.

Sementara, ratusan jamaah Shalat Istisqa itu terdiri dari masyarakat, TNI, Polri, siswa, geuchik, imam, pimpinan pondok pesantren, perwakilan PTP N I Langsa dan PNS di jajaran Pemerintah Kota Langsa. (ddk)