MEDAN- Pasca kebakaran yang menghanguskan sebanyak 17 rumah warga di Jalan Pasar Hitam, Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Sumatera Utara. Pihak dari pemerintahan desa dan kecamatan langsung mendirikan tenda di kantor desa Sampali yang berada di Jalan Irian Barat, Medan.

Plt Kepala Desa Sampali, Zainuddin mengatakan, pihaknya ketika hendak mendirikan tenda untuk para korban kebakaran, pihak dinas Sosial langsung merespon untuk membantu membuat dapur umum.

"Dinsos membantu untuk meringankan para korban kebakaran, selain itu kita juga berkoordinasi mendirikan posko kesehatan," kata Plt Kades Simpali kepada Gosumut.com, Rabu (27/4/2016).

Zainuddin menambahkan, partisipasi warga Desa Sampali sudah mulai berdatangan, mulai dari batuan pakaian, makanan sampai bantuan dana berupa uang, dari pihak Palang Merah Indonesia. PMI juga memberikan alat dapur lainnya dan juga dari pengusaha yang ada di Desa Sampali juga berpartisipasi memberikan uang.

"Semua bantuan ini kita kumpulkan jadi satu, apalagi uang harus dipegang satu tangan agar tidak ada praduga-praduga yang tidak kita inginkan," jelasnya.

Dia juga menjelaskan, semua bantuan ini nantinya akan kita serahkan kepada korban kebakaran, bahkan kita juga akan membangun rata semua bangunan yang sudah terbakar.

"Kami juga berharap kepada para donatur atau para masyarakat yang mau menyumbangkan dana, kami sangat berharap bantuan-bantuan tersebut untuk para korban kebakaran ini," jelasnya. lmn