JAKARTA- Even wisata olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon 2016 bakal menyapa Kota Sungailiat, Bangka Belitung, 23 April 2016 mendatang. Menpar Arief Yahya melaunching langsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Sungailiat Triathlon ini memang mendapat perhatian besar dari Kementerian Pariwisata. Maklum, partisipan yang ambil bagian berasal dari 19 negara. Ada Algeria, Australiia, Austria, Kanada, Belanda, Prancis, Jerman,Italia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Romania, Singapore, Spanyol, Swedia, Inggris, Amerika Serikat serta tuan rumah Indonesia. Total pesertanya, 687 orang.

Ratusan peserta itu dikelompokkan ke dalam tiga kategori. Ada yang Long Distance dengan jarak tempuh renang sejauh 1,9 km, sepeda 90 kilometer dan lari 10 kilometer. Standart Distance dengan jarak tempuh renang sejauh 1,5 km, sepeda 40 Km, dan lari 10 Km. Satu kategori lainnya adalah Sprint Distance dengan jarak tempuh renang 0,75 km, sepeda 20 km dan lari 5 km.

Bagi Kemenpar, ini adalah peluang emas untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan. Penyelenggaraan wisata olahraga yang memadukan renang, bersepeda, dan marathon tersebut dianggap sangat bagus untuk mempromosikan potensi pariwisata Bangka. Ini sekaligus mendukung program pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mencapai target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan musantara (wisnus) di Tanah Air pada tahun ini.

Dari data Provinsi Bangka Belitung, trend kunjungan wisatawan yang datang ke Bangka untuk menyaksikan even Sungailiat Triathlon terus meningkat. Tahun 2014 ada 400 wisnus dan 75 wisman yang datang menyaksikan sport tourism ini. Tahun 2015, jumlahnya meningkat menjadi 700 wisnus dan 180 wisman. Sementara di 2016, Kemenpar memancang target 1,200 wisnus dan 400 wisman.

“Even ini bisa memberikan direct impact terhadap kunjungan wisatawan ke Bangka. Diperkirakan 1,200 wisnus dan 400 wisman yang datang ke Bangka untuk menyaksikan even ini. Kedatangan wisatawan tersebut akan menggairahkan perekonomian masyarakat serta mendongkrak pariwisata Kabupaten Bangka dan Babel pada umumnya,” tutur Menpar Arief Yahya di hadapan Gubernur Babel H Rustam Effendi, Bupati Bangka H Tarmizi, Anggota DPD asal Babel serta Anggota DPR RI asal Babel.

Marketeer of The Year 2013 itu sangat optimistis pariwisata Babel bakal sangat cerah. Itu terkait dengan ditetapkannya kawasan Tanjung Kelayang, Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Inilah salah satu kawasan yang dipersiapkan sebagai satu dari 10 Bali Baru.

“Pariwisata di Pulau Bangka dan Belitung memiliki 3A (Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi) yang bagus dan mempunyai banyak keunggulan. Pantainya berpasir putih, laut jernih, bawah laut bagus, pulau-pulau sekitar menawan dan orang sering bechmarking sebagai Maldive-nya Indonesia. Kawasan ini juga destinasi yacht yang ideal, karena dari

Singapura, Batam, Bintan melalui Selat Karimata tidak terlalu jauh sehingga bisa bolak-balik berlayar dari dan ke Singapura. Melalui udara, hanya 45 menit penerbangan ke Soekarno-Hatta Jakarta. Ini pasar potensial,” kata mantan Dirut Telkom itu.

Karena punya direct impact yang besar, Provinsi Bangka Belitung dan Pemkab Bangka tak mau asal-asalan menggarap even internasional ini. Segala hal disiapkan dengan mengacu standar internasional. Dan untuk memeriahkan even tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka mengaku sudah menyiapkan pertunjukan istimewa di sela acara. Ada acara Nganggung atau Sepintu Sedulang atau makan bersama dilakukan masyarakat Bangka, bazaar , festival kuliner khas Bangka, dan press tour yang siap menghibur peserta.

“Kebetulan penyelenggaraan tahun ini bertepatan dengan HUT Kota Sungailiat yang ke 250 Tahun. Suguhan acaranya pasti istimewa. Di rute triathlon ini, kami akan bawa seluruh peserta melewati objek wisata unggulan antara lain; Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Puri Tri Agung, Agro Wisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir, dan Pantai Temberan,” kata Bupati Bangka H. Tarmizi.

Bupati Tarmizi mengatakan, animo masyarakat khususnya dari komunitas triathlon di Indonesia maupun regional Asia Pasifik untuk ikut dalam Sungailiat Triathlon 2016 cukup tinggi. Dari paparannya, pengumuman dan promosi di websit (www.SungailiatTriathlon.com) sejak dibuka Pada 2 Februati 2016 hingga 30 Maret 2016 telah dilihat sebanyak 12.730 kali oleh pengunjung dari 34 negara.

"Persiapannya sudah 99 persen. Kondisi jalan sudah oke, pengamanan, akomodasi dan logistik lainnya juga sudah selesai. Pihak sekolah, pelajar, masyarakat di Sungailiat juga sudah siap dikerahkan untuk menyukseskan acara ini," paparnya. (*/dnl)