JAKARTA- Gempa berkekuatan 5 SR dan 5,1 SR terjadi di Nias Selatan, Sumatera Utara sekitar pukul 01.08 WIB, Minggu (17/04/2016) dinihari.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada GoNews Group, melalui pesan WhatshApp.

"Gempa pertama terjadi dengan kekuatan 5 SR di kedalaman 10 km sekitar pukul 01.08 WIB dan gempa kedua dengan kekuatan 5,1 SR pada kedalaman 15 km sekitar pukul 04.09 WIB. Kejadian ini membuat sejumlah warga panik," tukasnya.

Gempa kedua kata Sutopo, berpusat di laut kedalaman 35-37 km. Sebelah Tenggara dari Kabupaten Nias Selatan. "Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Karena sumber gempa berasal dari jalur subduksi atau pertemuan lempeng tektonik Hindia Australia dan Eurasia, meskipun demikian masyarakat kita himbau agar tetap waspada," jelasnya.

Sementara itu menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Ridwan menjelaskan, meskipun kekuatan gempa cukup kecil, namun warga mengaku suara gemuruh dan getaran dahsyat mereka rasakan. "Ini terjadi kerena sumber gempa sangat dangkal dan dekat dengan daratan, sehingga gempa dirasakan cukup kuat," terang Ridwan.

Masih menurutnya, masyarakat di Nias Selatan merasakan guncangan keras selama 15 detik. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. "Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa. Tidak ada korban jiwa. Masyarakat masih merasakan gempa susulan," ucapnya.

Untuk dapat diketahui, Kepulauan Nias, Mentawai, Siberut, Simeulue dan pulau-pulau di sebelah Barat Pulau Sumatera adalah daerah rawan tinggi dari gempabumi dan tsunami. Pulau-pulau tersebut terbentuk akibat proses subduksi lempeng tektonik.

Dalam catatan sejarah gempa dan tsunami, daerah-daerah tersebut pernah mengalami gempa dan tsunami. Masyarakat memiliki kearifan lokal merespon gempa dan tsunami. Namun demikian kearifan lokal saja tidak cukup. Perlu dibarengi dengan mitigasi bencana yang komprehensif.

Sebagai daerah kepulauan dan  aksesibilitas masih terbatas maka perlu terus ditingkatkan sarana prasarana pendukung untuk meningkatkan kapasitas pemda dan masyarakatnya.

Nah bagi anda yang memiliki keluarga di Nias Selatan dan butuh informasi lebih lanjut anda dapat menghubingi Kepala BPBD Kabupaten Nias Selatan, Ridwan di nomor Telephone 082166208737. ***