PADANG - Tiga mahasiswa Universitas Andalah Padang yang diamankan petugas ketika hendak menyampaikan aspirasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Muaro Lasak Pantai Padang, Selasa (12/4/2016) merupakan pengurus Badan Eksekuif Mahasiswa (BEM) Unand.

Ketiga mahasiswa ini mengaku aksi mereka tidak ada maksud apa-apa kecuali menyampaikan aspirasi soal pangan, naiknya iyuran BPJS dan kondisi ekonomi saat ini. Ada tiga lembar aspirasi yang akan disampaikan mereka dalam sebuah pernyataan yang ditulis di atas kertas berkop surat BEM Unand.

Ketiga mahasiswa itu bernama Iqbal (Fakultas Peternakan), Eko (Fakultas Pertanian) dan Herman (Fakultas Kesehatan Masyarakat). Ketiganya mengaku, sebulan yang lalu sudah melayangkan surat ke Gubernur Sumbar untuk bisa bertemu langsung berdialog dengan Presiden Jokowi.

"Karena tidak ada tanggapan, makanya kami melakukan saat ini, ketika Presiden berkunjung ke Muaro Lasak meresmikan Monumen Perdamaian," kata salah seorang dari mereka.

Karena mereka melakukan penyampaian aspirasi saat Presiden Jokowi menyalami warga, petugas yang melihat itu tidak ada dalam agenda acara, ketiganya kemudian dibawa menjauh dari lokasi acara. ***