PADANG - Dua walikota di Sumbar, yakni Walikota Padang H. Mahyeldi dan Walikota Pariaman Mukhlis R, diberikan penghargaan Asita Award, Senin (4/4/2016). Kaduanya dinilai memberikan kontribusi besar dalam pengembangan industri pariwisata di Sumbar selama menjabat. Pemberian penghargaan ini, kata Ketua DPD Asita Sumbar, H. Ian Hanafiah karena salama ini keduanya sangat konsen atas kemajuan pariwisata di daerahnya. Sebenarnya ada satu lagi kepala daerah yang semestinya diberi penghargaan ini, yakni H. Nasrul Abit yang juga punya komitmen tinggi membangun pariwisata di Pesisir Selatan, tapi ia sudah tak menjabat bupati lagi.

"Pak Nasrul Abit sudah jadi Wagub, padahal kita beri penghargaan juga sesuai ketokohan sebagai kepala daerah. Kita tetap memberikan apresiasi tinggi atas kerja pak Nasrul selama ini," sebut Ian.

Ian juga menyebutkan, ada beberapa kriteria yang dinilai dalam pemberian penghargaan ini. "Kita memberikan beberapa poin-poin kepada kepala daerah agar melakukan pembenahan dalam berbagai hal sehubungan pembangunan wisata di daerah. Dan ketika kita cek ke lapangan, keduanya komit melakukan pembenahan dan pwrubahan. Sedangkan kepala daerah lain, tidak melakukan dengan sungguh-sungguh," sebut CEO Ero Tour ini.

Penghargaan kepada kedua walikota ini diserahkan langsung Ketua DPP Asita H. Asnawi Bahar. (***)