PADANG - Selama empat hari berada di Sumatera Barat, rombongan wartawan dari berbagai media di China, terpesona dengan keindahan Alam Ranah Minang. Rombongan yang terdiri dari 29 wartawan dari berbagai media di China Daratan ini, mengunjungi berbagai objek wisata dan mencicipi makanan serta menyaksikan budaya Minangkabau di banyak lokasi. Mereka datang sejak tanggal 10 s/d 13 Maret 2016.

Perjalanan mereka, kata Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah, kepada GoSumbar.com, dimulai dari Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Tanah Datar dan Solok.

Rombongan diantaranya melihat, Jam Gadang, Ngarai Sianok, Kelok Sembilan, Lembah Harau, Istano Pagaruyung, Lembah Anai, Pulau Pagang, Pulau Swarnadwipada, Pulau Pasumpahan dan Pantai Padang. Turis dari China ini juga melihat dan ikut prosesi makan bajamba, melihat tari pasambahan dan menikmati kuliner khas Minang seperti Rendang.

Dalam makan malam di sebuah restoran sea food di kawasan Pantai Padang, Sabtu malam (12/3/2016), para turis ini menceritakan pengalaman mereka ketika berada di lokasi wisata di Sumbar.

"Kami tertarik dan bahagia sekali ketika berada di Pulau Pagang, Padang," kata salah seorang dari mereka dalam Bahasa China dan diterjemahkan oleh pemandu wisata.
Di Pulau Pagang, para turis ini juga mandi, selfi dan bermain bola bersama warga di tepian pantai dengan girang. Mereka juga menikmati sunsert di Pulau Pagang.

Makan malam di kawasan Pantai Padang ini, juga dihadiri pejabat dari Kementrian Pariwisata, pajabat Dinas Pariwisata Sumbar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mentawai Desti Seminora dan Ketua Asita Sumbar yang baru terpilih Ian Hanafiah.
Para turis China yang datang ke Ranah Minang ini diatur oleh biro perjalanan Ero Tour Padang, bekerjasama dengan biro perjalanan di Jakarta. (***)