JAKARTA- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tak henti berunjuk gigi, menciptakan kreativitas baru di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Karena hanya dengan ide-ide tidak biasa itulah, yang membuat Wonderful Indonesia dikenal dan memperoleh perhatian ekstra.

Di Negeri Paman Sam, AS, Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu kembali membuat sensasi di San Fransisco Travel dan Adventure Show 2016, uniknya masakan khas Sumatera Barat, yakni Rendang, jadi menu andalan di acara tersebut.

Perhelatan yang berlangsung dari tanggal 5-6 Maret 2016 ini, Kemenpar menampilkan sesuatu yang khas Indonesia. "Kami menempati lahan seluas 800 M2, selain itu didukung dan melibatkan 5 industri Pariwisata Indonesia, Alhamdulillah lancar," ujar I Gde Pinata, Deputi Pemasaran Mancanegara didampingi Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timteng, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya.

Industri tersebut adalah, Top Indonesia Holiday, Panorama Destination, Thrifty International Travel & Tour, Sayang Holiday Travel dan Wordlink Amerika. Lebih lanjut Nia mengatakan, untuk memperlihatkan wonderful Indonesia, di booths Global Beats Stage. "Tim Wonderful Indonesia menampilkan Tarian Tradisional Indonesia dari Bali, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, NTT dan Papua selama 2 hari berturut turut. Pengunjung sangat antusias, salah satu tarian yang kami sajikan adalah Tari Yospan," ujar wanita kelahiran Malang itu.

Bukan itu saja, Indonesia terus menebarkan pesonanya di perhelatan tersebut. Ada panggung Destination Theater yang juga disulap oleh WI. Itu setelah, tokoh wisata Indonesia Sugeng Suprianto dari Top Indonesia Holiday, mengisi panggung tersebut. "Pak Sugeng tampil memperkenalkan Indonesia dengan Tema Indonesia; Explore the Wonders," ujarnya.

Ada yang lebih menarik yang dipamerkan tanah air di Negeri Adi Daya itu. Pada booth Taste of Travel Theatre, harum masakan atau kuliner Indonesia menyambar hidung dan membuat perut keroncongan, dan dijamin para bule bakal makan "batambuah" (bertambah,red). (*/dnl)