PADANG - Hotel Bumi Minang yang  terletak di Jalan Bundo Kanduang, Padang, Sabtu malam (5/3/2015) terbakar. Salah seorang karyawan Hotel Bumi Minang, Taufik mengatakan saat kebakaran terjadi, api tampak berasal dari Gudang yang terletak di belakang Ballroom.

Ia mengatakan peristiwa ini pertama kali diketahui oleh seorang tamu yang sedang berada di belakang Ballroom tersebut. Api membakar barang-barang kelengkapan hotel yang sengaja disimpan dalam gudang itu.

Menurut kepala BPBDPK Kota Padang Dedi Henidal sebanyak 12 unit pemadam dikerahkan untuk pemadaman. Selama proses pemadaman, kepulan asap tampak masih menyelimuti ballroom dan lobby hotel. Dalam kejadian ini seluruh penghuni hotel telah dievakuasi.

Catatan GoSumbar.com, Hotel bintang lima yang terletak di Jalan Bundo Kanduang Padang ini juga mengalami rusak berat akibat gempa berkekuatan 7,6 skala richter yang menguncang Sumatra Barat 30 September 2009. Hotel ini mengalami kerusakan parah bersama sedikitnya tujuh hotel mewah (bintang) di Tanah Minang.

Ketujuh hotel berbintang itu antara lain Hotel Ambacang, Hotel Bumi Minang, Hotel Rocky, Hotel Wayam wuruk, Hotel Dipo Mariani, dan Hotel Nuansa.

“Ketujuh hotel itu tidak layak pakai karena kondisi bangunanya sudah ambruk. Padahal, para wisatawan sedang meningkat sejak Tour the Singkarak pada Mei lalu,” ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Wiryanti Sukamdani di Posko Satkorlak Sumbar, Jalan Jendral Sudirman, Padang, Jumat (2/9/2009), sebagaimana dilansir okezone.com.

Kendati demikian, hancurnya ketujuh hotel tersebut tidak membuat wisatawan dari dalam dan luar negeri kapok untuk menginjakan kakinya di Tanah Minang. Bahkan, kata dia, banyak wisatawan yang akan menjadi sukarelawan untuk membantu korban gempa seperti tenaga medis, tim pencari jenazah, dan penyalur obat-obatan.

Hotel ini kemudian direhab kembali pasca gempa. Dan beroperasi kembali serta menjadi salah satu hotel hunian yang favorit di Kota Padang.

Hotel berbintang empat ini memiliki fasilitas kelas atas, seperti restoran, kolom renang, spa, salon, wi-fi, bar, launge, ballromm dan meeting room. Hotel ini juga memiliki area parkir yang luas dan jadi pusat bisnis di Kota Padang. (***)