MENTAWAI - Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan satu-satunya wilayah di Sumbar yang akan dilewati Gerhana Matahari Total (GMT), 9 Maret 2016. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menyiapkan satu festival menyambut fenomena alam langka yang banyak ditunggu penduduk dunia ini.

Festival yang dilakukan di Mantawai itu bernama Festival Pesona Mentawai bertajuk, Total Solar Eclipse 2016. Dalam festival ini dilakukan aneka kegiatan diantaranya, pengamatan gerhana, pertunjukan kesenian, kuliner tradisional, permainan tradisional, kembang api gerhana dan ibadah lintas agama.

Mengutip laman pribadi di akun facebook Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olah Raga Mentawai, Desti Seminora, ia memposting poster festival pesona Mentawai yang berisi acara-acara menyambut GMT di Mentawai.

Kabupaten Kepulauan Mentawai kini menjadi incaran banyak orang termasuk turis mencanegara. Bukan karena daerah itu baru saja dilanda gempa kuat beberapa waktu lalu, tapi mengejar fenomena alam Gerhana Matahari total )GMT) 9 Maret 2016.
Mentawai sendiri, menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasinal (Lapan) merupakan salah satu dari daerah di 12 provinsi di Indonesia yang dilintasi GMT. Daerah yang dilintasi GMT itu adalah Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai.

Di Pagai Selatan GMT akan berlangsung selama 1 menit 54 detik. Dimana sinar matahari yang terang akan membuat daerah itu menjadi gelap gulita. "Hari yang terang akan berubah seperti senja untuk sesaat," kata Kapala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin.

Hingga kini dikabarkan, para turis lokal, turis mancanegara, peneliti, wartawan dan warga masayarakat sudah banyak datang ke Pagai Selatan melihaf fenomena alam langka yang banyak diburu orang itu. (***)