SOLOK - Maraknya terminal bayangan membuat keberadaan terminal Bareh Solok makin ditinggalkan. Bus masuk hanya untuk membayar retribusi arau sekedar istirahat menunggu trip.

Kios-kios yang tersedia sudah mulai rusak. Sementara loket bus yang masih aktif tidak beberapa buah hanya milik po bus antar propinsi. Umumnya loket ini juga tutup setelah bus mereka tujuan Jambi, Palembang, Bengkulu dan Jakarta Berangkat.

Bahkan, beberapa bulan belakangan pada lajur keberangkatan bus antar kota dalam propinsi fisulap menjadi arena road race. Entah siapa yang memulai yang jelas setiap sore disini dijadikan ajang latihan oleh beberapa pebalap.

Jon salah satu agen po bus antar propinsi mengatakan keberadaan road race sudah berlangsung beberapa bulan. Walau secara langsung tidak menganggu aktifitas terminal namun sangat disayangkan terminal ini beralih fungsi.

Melalui Walikota Solok yang baru Zul Elfian, Jon dan para agen mengharapkan Pemda menghidupkan kembali fubgsi terminal ini dan menertibkan terminal bayangan.

Dengan kondisi ini bertambah PR bagi Zul Elgian dan Reiner, agar kawasan yang dibabgun pada rahun 1994 silam berfungsi sebagaimana mestinya. Sekarang hanya pasar sayur yabg beroperasi setiap hari Selasa dan Jumat Pagi. (pen)