JAKARTA- Keramahan, kepintaran dan kecantikan Indonesia kembali akan diperlihatkan ke mata dunia. Melalui Yayasan Puteri Indonesia (YPI) yang kembali menggelar pemilihan Puteri Indonesia tahun 2016.

Kali ini, ada 39 finalis dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang akan berebut posisi paling atas di acara pemilihan best of the best tersebut. "Selamat buat para finalis Putri Indonesia yang lolos di babak paling akhir ini. Kami ingin kalian semua mempromosikan pariwisata Indonesia, memperkuat Wonderful Indonesia di mata dunia internasional," harap Menpar Arief Yahya saat memberi pembekalan pariwisata kepada finalis Putri Indonesia 2016 di Hotel Sultan.

Menpar Arief Yahya juga mengingatkan agar para finalis yang sudah mewakili masing-masing provinsi itu mulai memperkenalkan objek wisata andalan daerahnya. Jadilah Duta Wisata, yang akan mengangkat kekuatan wisata di daerahnya dengan baik. "Kalian sudah punya modal. Cantik, pintar, bisa berkomunikasi dengan baik, dan memahami pariwisata di masing-masing daerah. Itu luar biasa," jelas dia.

Tahun ini, Kerajaan Sriwijaya, Palembang menjadi tema yang diangkat oleh YPI. "Setiap tahun kami selalu mengangkat tema berbeda. Harapannya, dengan membawa budaya Indonesia, kami bisa ikut menggalakkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budaya mereka sendiri," ujar Ketua Dewan Pembina YPI, Putri K Wardani.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di malam final nanti Menteri Pariwisata, Arief Yahya dikabarkan akan menjadi juri. Selain itu, terdapat perbedaan pula pada mahkota Puteri Indonesia 2016. "Kami ingin menonjolkan ciri khas Indonesia yang dapat dikenali di Internasional. Maka, muncul desain Borobudur, ini kaitannya dengan Pariwisata, dan kami sangat bangga Kementerian Pariwisata sangat mendukung niat kami ini," ujar Putri.

Terdapat tiga mahkota dengan warna dominan berbeda. Merah melambangkan keberanian Puteri Indonesia untuk cinta terhadap Tanah Air. Mahkota ini akan disematkan pada Puteri Indonesia 2016. Sementara Puteri Indonesia Lingkungan 2016 akan memakai mahkota berwarna hijau yang melambangkan alam Indonesia.

Warna lainnya menurut Puteri, yakni biru yang akan muncul di mahkota Puteri Indonesia Pariwisata 2016. Biru melambangkan gelombang lautan yang ada di Indonesia.

Malam Final Puteri Indonesia 2016 akan digelar pada 19 Februari di Jakarta Convention Center. Pada tahun ini tidak akan dihadiri oleh Miss Universe 2015, karena Pia Alonzo Wurtzbach saat ini harus menghadiri New York Fashion Week."Sebagai gantinya, kami akan menghadirkan Miss International 2015 asal Venezuela, Edymar Martinez," pungkasnya. (*/dnl)