JAKARTA- Inovasi terus dilakukan pihak Kementerian Pariwisata guna mempromosikan wisata Indonesia ke mancanegara. Kini pihak Kementerian Pariwisata mulai menerobos pasar penikmat film yang menonton di gedung bioskop.

Promosi Pesona Indonesia mulai digeber melalui layar lebar pada hari Senin (15/02/2015) kemarin. Kementerian di bawah pimpinan Arief Yahya itu melaunching penayangan iklan Promosi Pariwisata perdananya di Bioskop.

Pada pembuatan film promosi wisata tersebut, pihak Kemenpar menggandeng Cinemaxx FX Senayan, Jakarta. "Ide tersebut muncul, setelah adanya survey  yang mengatakan 56 persen penikmat film bioskop akan selalu ingat dengan iklan yang ditayangkan," ujar Menpar Arief Yahya, saat konfrensi pers bersama artis pendukung.

Menurut survei dari Kementerian Pariwisata, 49 persen penonton akan masuk bioskop begitu pintu dibuka. Dan 56 persen orang selalu ingat iklan yang ditayangkan sebelum film bioskop dimulai.

"Saya berharap, ada sekitar 1,5 juta penonton menyaksikan iklan Pesona Indonesia di Bioskop tiap bulan-nya," tambah Arief Yahya. 

Bagi Marketeer of the Year 2013 itu, bioskop adalah salah satu media yang tepat untuk mempromosikan Pesona Indonesia. Kementerian Pariwisata selain melirik pasar wisatawan luar negeri, pihaknya juga mengincar pasar domestik, yang dianggap sangat potensial.

Guna menggaet pasar tersebut, Kemenpar langsung beriklan wisata di bioskop Indonesia, dengan menggunakan tagline Pesona Indonesia. Untuk materi iklan itu sendiri, tampil pada TVC yang diiklankan di 55 bioskop yang tersebar di 14 kota besar Indonesia.

Ke-14 kota yang menjadi sasaran adalah: Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Batam, Medan, Palembang, dan Makassar. TVC yang ditayangkan dalam launching itu terdiri dari tiga program, yaitu TVC "Ini Cara Kita", TVC Wonderful Indonesia, dan TVC 15 Destinasi Pesona Indonesia.

Masih menurut Menpar, TVC "Ini Cara Kita" menceritakan tentang empat orang sahabat dengan latar belakang berbeda yang memutuskan untuk liburan bersama mengunjungi destinasi-destinasi yang berbeda di Indonesia. Sementara untuk TVC Wonderful Indonesia terdiri dari empat tema, yaitu: adventure, business, family dan love. Kedua TVC tersebut memiliki durasi 60 detik dan akan ditayangkan di bioskop-bioskop di kota di atas.

Sedangkan TVC "15 Destinasi Pesona Indonesia" adalah tujuan wisata utama yang tergabung dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), meliputi: Bali, Jakarta, Raja Ampat Papua Barat, Taman Nasional Komodo, Wakatobi, Tanjung Puting, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Toraja, Manado, Lombok, dan Flores-Kelimutu.

Selain itu, Kemenpar juga bekerja sama dengan film "Aaach...Aku Jatuh Cinta" guna mempromosikan pariwisata, yang utamanya adalah promosi di Kota Yogyakarta. Dimana Yogyakarta juga menjadi latar belakang film tersebut.

"Kita bisa ambil scene yang bagus dari film itu, kita promosikan. Saling endorse," papar mantan Dirut Telkom itu. 

Selain melalui iklan, Kemenpar juga menggandeng Andien, Pevita Pearce, Marcella Zalianty dan JKT48 untuk promosi destinasi wisata Indonesia. "Artis-artis itu memiliki fans baik di dunia sosmed, maupun di dunia nyata. Ketika mereka bertestimoni soal keindahan Pesona Indonesia, lalu di upload di media sosial mereka, secara otomatis pesan itu akan diterima oleh followers dan friends-nya," pungkas Arief. (*/dnl)