TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau H. Sukarmis meminta Pemerintah Provinsi Riau memberikan perlakuan khusus untuk Sekolah Menengah Atas Neheri (SMAN) Pintar Kuansing seperti yang selama ini dilakukan Pemkab Kuansing. "Sekolah ini kebanggaan masyarakat Kuansing, untuk masuk saja sangat selektif dan hanya orang-orang pilihan," ujar Sukarmis kepada GoRiau.com, Rabu (10/2/2016) pagi di Telukkuantan.

SMAN Pintar, lanjut dia, merupakan sekolah unggulan di Kuansing. Dimana, para siswa diasramakan dan seluruh biaya pendidikan.

"Bahkan, kita memberi mereka makan tiga kali sehari. Semuanya kita tanggung," ujar Sukarmis.

Sukarmis mengaku sedikit ragu dengan pemerintah provinsi dalam menangani SMA di Kuansing, terutama SMAN Pintar. "Kita takut, nanti provinsi tidak menganggarkan untuk makan minum siswa. Jelas kita sangat dirugikan."

"Tapi mudah-mudahan apa yang menjadi program kita selama ini seperti SMAN Pintar bisa dilaksanakan oleh provinsi," tambah Sukarmis.

Kendati memiliki keraguan, Sukarmis siap melepas kewenangan kabupaten dalam mengurus SMA dan menyerahkan sepenuhnya ke pemerintah provinsi.

"Itu sudah amanat dari undang-undang, ya kita turuti saja apa maunya pemerintah pusat," ujar Sukarmis.

Sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dinyatakan bahwa SMA sederajat di tingkat kabupaten merupakan kewenangan pemerintah provinsi.***