PADANG - Pemko (Pemerintah Kota) Padang terus melakukan pembenahan objek wisata di Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Kota Padang. Walikota Padang dalam satu kesempatan kepada GoSumbar.com, menyebutkan, penataan KWT tersebut dilakukan mulai dari Pantai Padang hingga kawasan Jembatan Siti Nurabay di Muaro Batang Arau, Padang.

Bahkan sosialisasi terus dilakukan guna membenahi kawasan wisata di sepanjang Muaro dan Jembatan Siti Nurbaya. Terkait rencana pembenahan di jembatan Siti Nurbaya, seluruh pedagang tersebut telah bersedia pindah dari jembatan tersebut. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua LPM Batang Arau, Khairud di sela-sela kegiatan Jumat Keliling Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo di Masjid Al Mukarramah, Kampung Seberang Pebayan, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (22/1/2016) lalu.

“Kalau kami salah selama ini berdagang di jembatan Siti Nurbaya, kami bersedia pindah, asalkan ada solusi dari Pemko Padang,” katanya di depan Walikota Padang.

Saat ini, sebanyak 41 orang pedagang berjualan di jembatan Siti Nurbaya. Mereka berjualan dengan memanfaatkan sisi lowong di kiri dan kanan jembatan dengan menggunakan meja dan kursi seadanya.

“Seluruh pedagang di sini sudah terhimpun ke dalam koperasi KJKS di kelurahan,” tambah Khairud.

Walikota Padang menyebut, seluruh pedagang di jembatan akan dipindahkan ke lokasi yang tak jauh dari jembatan Siti Nurbaya. Pedagang akan ditempatkan di salah satu lokasi tanah kosong di dekat Bank Mandiri, tepi Sungai Batang Arau. Rencananya, di lokasi ini juga akan menjadi pusat kuliner malam.

Dengan pindahnya pedagang ke lokasi tersebut dan dijadikannya lokasi itu sebagai pusat kuliner malam, nantinya akan seiring dengan penataan kota lama (heritage) yang dilakukan Pemko Padang. Sehingga nantinya, kawasan ini akan tertata dengan baik dan mampu menjadi destinasi wisata yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Sabtu (30/1/12016), GoSumbar memantau kawasan yang sedang dibenahi di KWT Kota Padang tersebut. Pantai Padang terlihat semakin dibenahi. Puing-puing sisa bangunan yang dibongkar beberapa waktu lalu terus dibersihkan. Kondisi pantai sudah mulai terbuka dan pendangan ke laut lepas sudah mulai terbuka lebar.

Sedangkan di kawasan Muaro Batang Arau dan Jembatan Siti Nurbaya masih dibiarkan dalam kondisi saat ini dan belum tampak pembenahan. (***)