DURI - Masuknya gajah liar ke Kantong Balairaja, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, terpantau oleh Himpunan Penggiat Alam (Hipam) Duri-Riau, sejak beberapa hari belakangan ini. Dari pantauan Hipam, ada sekitar 25 ekor gajah liar yang saat ini berada diseputaran SMAN 4 Mandau dan 2 ekor lagi sakit. "Saat ini kawanan gajah, masih berada di sekitar SMAN 4 Mandau. Belum ada pergerakkan yang dilakukan mereka (gajah, red). Kita memantau sampai tadi malam hingga pagi ini," ulas Ketua Hipam, Zulhusni kepada GoRiau.com, Sabtu (30/1/2016).

Saat bergerak masuk, katanya, kebun sawit dan padi milik masyarakat di Desa Balai Punggut, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, dirusak oleh kawanan gajah kelompok Giam Siak Kecil.

"Pergerakkan gajah liar saat ini sedikit lamban, karena ada 2 ekor gajah dalam kondisi sakit. Kita terus pantau keberadaan mereka," terangnya.

Hipan juga memberikan apresiasi kepada masyarakat, dimana masuknya gajah liar ke pemukiman atau kebun, tidak ada perlawanan. Masyarakat hanya berusaha mengusir dengan bunyi-bunyian saja.

"Masyarakat hanya menggiring gajah liar, agar tidak masuk pemukiman dengan cara tradisional, seperti obor dan bunyi meriam bambu. Kita juga mengharapkan, konflik antara gajah liar dengan masyarakat tidak terjadi lagi," tutupnya. ***