TELUKKUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau dikunjungi tim Sekretariat Jendral Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas), Kamis (28/1/2016) siang. Kehadiran tim ini disambut langsung oleh Bupati Kuansing, H. Sukarmis bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di Kantor Bupati Kuansing. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Sukarmis. Ia langsung menyampaikan keluhan warganya selama ini.

"Umumnya, warga Kuansing ini bekerja sebagai petani karet dan sebagian petani kelapa sawit," ujar Sukarmis saat ditanya mengenai kehidupan masyarakat Kuansing.

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut Sukarmis, masyarakat Kuansing sangat mengeluhkan rendahnya harga jual karet. "Sampai saat ini tidak terpecahkan."

"Perekonomian masyarakat semakin lesu, ketika memasuki musim hujan. Sudahlah karet murah, menyadap karet pun susah," lanjut Sukarmis.

Masih Sukarmis, kondisi yang sama juga dialami petani kelapa sawit. Dimana, harga sawit masih jauh dari yang diharapkan masyarakat.

"Untuk karet ini, sebaiknya dibangun pabrik hilir. Sehingga, kita yang menyadap karet bisa jual ban mobil," tutur Sukarmis. Dengan demikian, ia berpendapat harga karet tidak lagi tergantung pada Tokyo dan Singapura.***