PAINAN - Penjabat Bupati Pesisir Selatan, Alwis mengajak PNS untuk mengubah pola pikir dalam rangka meningkatkan kinerja bagi organisasi kedepannya. Dengan demikian, pelayanan terhadap publik dapat terlaksana dengan baik dan maksimal. 

Dikatakan, reformasi birokrasi yang tengah berlangsung, tidak ada kata lain selain berubah, kalau tidak, PNS akan tergilas. Banyak yang dapat dilakukan, sehingga tidak ada lagi istilah meja basah dan meja kering, semua mendapat porsi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Pemkab Pesisir Selatan terus menggulirkan berbagai pembaharuan dibidang tata pemerintahan dan terus mendorong PNS sebagai gerbong perubahan bekerja dengan efektif dan efesien.

"Tidak masanya lagi PNS datang, lalu tanda tangan absen, kemudian hilang, tanpa tahu apa yang harus dikerjakan. Sikap seperti itu harus hilangkan. Saya tidak ingin ada PNS yang malas atau hanya menerima gaji buta," ucapnya Jumat (15/1/2016) di Painan.

Disebutkan, fenomena yang berkembang dalam budaya PNS, umumnya menyangkut ketidakpahaman pegawai dengan tugas pokok dan fungsi walau sudah diberikan uraian pekerjaan.

"Gaji yang kita terima merupakan hak yang semestinya diiringi kewajiban sebagai abdi negara dan abdi masyarakat," tegasnya.

Dikatakan, mengubah pola pikir PNS dilingkup Pemkab Pesisir Selatan mesti dilakukan dengan serius, bahkan beberapa agenda lain yang tengah dilakukan seperti mengirim PNS muda ke berbagai nagari untuk menambah pengalaman lapangan. (***)