PAINAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, menjamin stok beras konsumsi lokal di Kabupaten Pesisir Selatan cukup hingga musim panen raya berikutnya. 

"Kita tidak akan mengalami kekurangan pangan karena stok beras masih tersedia hingga tiga bulan ke depan tidak lama lagi atau sekitar dua bulan lagi petani juga akan memasuki masa panen, " kata Penjabat Bupati Pesisir Selatan Alwis di Painan akhir pekan kedua Januari 2016.

Di Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) II Sumbar Gudang Sago Painan, Pesisir Selatan masih memiliki stok beras sebanyak 150 ton. Tidak saja itu, pemkab juga memiliki persediaan gabah di lumbung pangan yang ada di 10 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Hanya saja terkait persediaan pangan tersebut, pemkab setempat perlu mengawasi ketat pergerakan harga karena sewaktu waktu para pedagang bisa saja menaikan harga kebutuhan pokok tersebut.

Stok beras yang ada saat ini, selain berguna sebagai pertahanan pangan jika terjadinya pelonjakan harga saat stok di masyarakat mulai menipis, juga bermanfaat untuk ketahanan pangan jika terjadi berbagai bencana alam.

Karena Pesisir Selatan sangat rawan akan berbagai macam bencana, apalagi pada musim hujan rawan akan banjir. Maka itu perlu adanya stok pangan yang banyak sehingga disaat terjadi bencana, stok tersebut dapat didistribusikan langsung ke masyarakat yang membutuhkan. (***)